Skip to content
Home » Bagaimana Ketentuan Zakat Hasil Laut

Bagaimana Ketentuan Zakat Hasil Laut

Zakat adalah salah satu kewajiban dalam agama Islam. Zakat merupakan salah satu cara untuk membagikan harta ke orang-orang yang membutuhkan. Berbicara mengenai zakat, bentuk zakat tidak hanya pada harta yang dimiliki, melainkan juga pada hasil yang didapat. Salah satunya adalah zakat hasil laut.

Zakat hasil laut merupakan zakat yang dikenakan atas segala jenis hasil laut yang didapatkan. Seperti ikan, cumi, kerang dan lain sebagainya. Berikut ini adalah beberapa ketentuan zakat hasil laut yang perlu Anda ketahui:

Nishab Zakat

Nishab zakat hasil laut adalah 653 kilogram ikan atau setara dengan 52.24 ons emas. Apabila hasil tangkapan Anda melebihi nishab ini, maka Anda harus membayar zakat atas hasil tangkapan tersebut.

Hitung Zakat

Perhitungan zakat hasil laut adalah 2,5 persen dari hasil tangkapan. Misalnya saja, apabila hasil tangkapan Anda adalah 700 kilogram ikan, maka perhitungan zakatnya adalah sebagai berikut: 700 x 2,5 persen = 17,5 kilogram ikan.

Cara Membayar Zakat

Zakat hasil laut dapat dibayar dengan dua cara, yaitu dengan cara tunai atau dengan cara barang. Cara tunai artinya membayar zakat dengan uang sesuai dengan nilai hasil tangkapan. Sedangkan cara barang artinya membayar zakat dengan hasil tangkapan itu sendiri.

Waktu Pembayaran Zakat

Waktu pembayaran zakat hasil laut dapat ditentukan setiap saat, tergantung dari keinginan Anda. Namun, sangat baik jika membayarnya setiap kali musim melaut selesai. Hal ini karena pada saat musim melaut, biasanya hasil tangkapan akan lebih banyak.

Pihak yang Berhak Menerima Zakat

Pihak yang berhak menerima zakat hasil laut adalah orang yang membutuhkan, seperti fakir miskin, anak yatim, janda, dan lain sebagainya. Dalam menyalurkan zakat, harus diberikan pada pihak yang tepat dan tidak disalurkan pada pihak yang tidak tepat.

BACA JUGA:   Do'a dan Niat Zakat Fitrah untuk Suami

Keutamaan Zakat Hasil Laut

Dalam Islam, zakat hasil laut memiliki keutamaan tersendiri. Keutamaannya adalah setiap orang yang membayar zakat hasil laut, akan mendapat keberkahan dan perlindungan dari Allah SWT.

Dengan mengetahui ketentuan zakat hasil laut ini, diharapkan kita dapat membayar zakat dengan tepat dan benar. Selain itu, dengan membayar zakat, kita juga akan membantu sesama yang membutuhkan dan mendapat keberkahan dari Allah SWT. Bagaimana, sudah siap membayar zakat hasil laut?