Skip to content
Home » Bagaimana Menghitung Indeks Zakat Nasional untuk Tingkat Kota Kabupaten

Bagaimana Menghitung Indeks Zakat Nasional untuk Tingkat Kota Kabupaten

Indeks Zakat Nasional (IZN) adalah angka yang mencerminkan kemampuan suatu wilayah untuk mengumpulkan zakat. Dalam hal ini, zakat merupakan zakat fitrah dan zakat mal. IZN berguna untuk mengetahui seberapa besar potensi zakat di suatu wilayah dan untuk menentukan target pengumpulan zakat. Bagaimana cara menghitung IZN untuk tingkat Kota Kabupaten? Berikut ini pemaparannya.

Hitung Jumlah Penduduk

Langkah pertama dalam menghitung IZN adalah mengetahui jumlah penduduk di suatu wilayah. Jumlah ini dapat dilihat dari data Badan Pusat Statistik atau data dari pihak-pihak terkait. Dalam perhitungan IZN, hanya yang berusia produktif yang akan dihitung, yaitu usia 18-60 tahun.

Hitung Jumlah Muzakki

Setelah mengetahui jumlah penduduk yang berusia produktif, langkah selanjutnya adalah menghitung jumlah muzakki. Muzakki adalah orang yang wajib membayar zakat. Menurut undang-undang, setiap muslim yang memiliki harta di atas nishab (sekitar 85 gram emas) wajib membayar zakat.

Hitung Total Zakat yang Harus Dibayar

Setelah mengetahui jumlah muzakki, kini saatnya menghitung total zakat yang harus dibayar. Zakat fitrah dihitung berdasarkan harga beras 2,5 kg. Sementara itu, zakat mal dihitung berdasarkan jumlah harta yang dimiliki. Perlu diketahui, zakat mal hanya dikenakan pada harta yang sudah mencapai nishab dan sudah dimiliki selama satu tahun.

Hitung Indeks Zakat Nasional

Setelah mengetahui jumlah penduduk produktif, jumlah muzakki, dan total zakat yang harus dibayar, kini saatnya menghitung IZN. Rumus untuk menghitung IZN adalah:

IZN = (Total Zakat yang Harus Dibayar / Jumlah Penduduk Produktif) x 1000

Dengan menggunakan contoh data berdasarkan Kota Surabaya, maka perhitungan IZN adalah sebagai berikut:

  • Jumlah penduduk produktif: 2.600.000
  • Jumlah muzakki: 190.000
  • Total zakat yang harus dibayar: Rp 116.700.000.000
  • IZN = (Rp 116.700.000.000 / 2.600.000) x 1000 = 44.880
BACA JUGA:   Berapa Banyak Zakat Fitrah?

Kesimpulan

Dengan mengetahui cara perhitungan IZN untuk tingkat Kota Kabupaten, diharapkan wilayah-wilayah di Indonesia dapat meningkatkan pengumpulan zakat. Dalam menjalankan kewajiban berzakat, peran pemerintah dan masyarakat sangatlah penting. Semoga perhitungan IZN dapat membantu meningkatkan kesadaran dalam berzakat.