Skip to content
Home » Bagaimana Menjaga Haji Kita Menjadi Mabrur

Bagaimana Menjaga Haji Kita Menjadi Mabrur

Haji merupakan ibadah yang sangat penting bagi umat muslim, dan menjadi kewajiban bagi mereka yang mampu untuk melakukannya. Namun, hanya melakukan haji saja belum cukup, sebab penting juga untuk menjaga agar haji yang kita lakukan menjadi mabrur, yaitu diterima oleh Allah SWT.

Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa membantu kita menjaga agar haji kita menjadi mabrur:

1. Menyiapkan Diri dengan Matang

Sebelum berangkat ke Tanah Suci, penting bagi kita untuk menyiapkan diri dengan matang, baik secara fisik maupun mental. Pastikan kita memahami betul proses haji yang akan kita lakukan, dan juga mempersiapkan perlengkapan yang diperlukan dengan baik.

2. Menjaga Konsentrasi dan Fokus

Saat berada di Tanah Suci, sangat mudah untuk terpecah konsentrasi dan fokus kita. Oleh karena itu, kita perlu tetap memfokuskan pikiran dan hati kita pada ibadah yang sedang kita lakukan, terutama saat melakukan thawaf, sai, dan wukuf di Arafah.

3. Memperbanyak Ibadah Selama di Tanah Suci

Selain melakukan ibadah haji yang sudah menjadi kewajiban, kita juga disarankan untuk memperbanyak ibadah selama berada di Tanah Suci. Misalnya dengan melakukan salat sunnah, membaca Al-Quran, dan berzikir.

4. Menjaga Kerukunan dengan Sesama Jamaah

Kita tidak bisa melaksanakan ibadah haji sendirian, melainkan harus bersama dengan ribuan jamaah lainnya. Oleh karena itu, kita perlu menjaga kerukunan dan kekompakan dengan sesama jamaah, baik selama di Mekah maupun di Madinah.

5. Menghindari Perilaku yang Dapat Membatalkan Haji

Terakhir, kita perlu menghindari perilaku yang dapat membatalkan haji, seperti berbohong, berbuat zina, atau mencuri. Sebab, jika kita melakukan perbuatan yang terlarang tersebut, maka haji kita bisa jadi tidak akan diterima oleh Allah SWT.

BACA JUGA:   Biaya Haji Tamattu: Panduan Lengkap Tentang Berapa Yang Perlu Anda Siapkan

Dalam menjaga agar haji kita menjadi mabrur, kita perlu melakukannya dengan penuh ikhlas dan kesungguhan hati. Jangan hanya fokus pada tampilan fisik kita, namun juga perlu menjaga hati dan pikiran agar selalu terhubung dengan Allah SWT. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda yang sedang bersiap untuk menjalankan ibadah haji.