Skip to content
Home » Bagaimana Nisab Haul dan Kadar Zakat Emas

Bagaimana Nisab Haul dan Kadar Zakat Emas

Zakat merupakan salah satu rukun Islam yang wajib dilaksanakan oleh setiap muslim yang berada pada posisi mampu menjalankan ibadah ini. Zakat juga memiliki banyak macam jenisnya, seperti zakat fitrah, zakat mal, dan zakat emas.

Dalam artikel ini, kita akan membahas tentang bagaimana nisab haul dan kadar zakat emas.

Pengertian Zakat Emas

Zakat emas adalah zakat yang diberikan dari harta kepemilikan emas sesuai dengan kadar yang telah ditentukan oleh syariat Islam. Zakat emas dikenakan pada harta emas yang sudah mencapai nisab haul.

Nisab Haul

Nisab haul merupakan batas minimum jumlah harta yang harus dimiliki seseorang agar terkena zakat haul. Haul dalam bahasa Arab memiliki arti 1 tahun. Oleh karena itu, zakat haul dikenakan pada harta yang telah dimiliki selama 1 tahun penuh.

Nisab haul zakat emas sama dengan nisab haul zakat harta yang lainnya, yaitu 85 gram emas. Jadi, apabila kamu memiliki harta emas seberat 85 gram atau lebih, maka kamu harus membayar zakat emas.

Kadar Zakat Emas

Kadar zakat emas sebesar 2,5% dari nilai harta emas yang kamu miliki. Nilai harta emas yang dimaksud di sini adalah nilai emas yang berlaku pada saat kamu membayar zakat.

Contohnya, kamu memiliki emas seberat 100 gram pada saat kamu akan membayar zakat emas. Harga emas pada saat itu sebesar Rp. 700.000 per gram. Maka, nilai harta emasmu adalah 100 x Rp. 700.000 = Rp. 70.000.000.

Kadar zakat yang harus kamu bayar adalah 2,5% x Rp. 70.000.000 = Rp. 1.750.000.

Kesimpulan

Zakat emas merupakan zakat yang diberikan dari harta kepemilikan emas sesuai dengan kadar yang sudah ditentukan oleh syariat Islam. Nisab haul zakat emas sebesar 85 gram emas dan kadar zakatnya sebesar 2,5% dari nilai harta emas yang kamu miliki.

BACA JUGA:   Mengapa Kita Diwajibkan Membayar Zakat Fitrah Pada Saat Akhir Ramadhan

Jangan lupa untuk selalu membayar zakat dengan tepat dan benar sesuai dengan yang sudah ditentukan oleh syariat Islam. Semoga artikel ini bisa menjadi referensimu dalam membayar zakat emas.