Skip to content
Home » Bagaimana Potensi Zakat Tahun 2018 di Indonesia

Bagaimana Potensi Zakat Tahun 2018 di Indonesia

Zakat adalah kewajiban bagi setiap Muslim yang memiliki kemampuan untuk menunaikannya. Dalam Islam, zakat merupakan salah satu rukun Islam yang memiliki peranan penting dalam mempererat hubungan antara sesama Muslim. Zakat juga menjadi salah satu upaya untuk membantu mengurangi kemiskinan.

Tahun 2018 diprediksi akan menjadi tahun yang baik bagi potensi zakat di Indonesia. Dengan banyaknya isu-isu sosial dan kemanusiaan yang sedang terjadi di Indonesia seperti bencana alam, terorisme, dan pengungsi akibat konflik, membuat masyarakat semakin sadar pentingnya zakat.

Salah satu faktor yang membuat potensi zakat meningkat adalah kemudahan dalam menyalurkan zakat. Saat ini, lembaga-lembaga pengelola zakat sudah banyak berdiri di Indonesia seperti Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) dan Dompet Dhuafa. Lembaga-lembaga tersebut membantu masyarakat untuk menyalurkan zakat dengan mudah dan aman.

Selain itu, perkembangan teknologi juga memudahkan masyarakat untuk menyalurkan zakat. Saat ini, sudah banyak aplikasi dan website pengelola zakat yang memudahkan donatur untuk menyalurkan zakat secara online. Dengan begitu, masyarakat tidak perlu lagi datang langsung ke kantor pengelola zakat untuk menyalurkan zakat.

Tidak hanya itu, pemerintah juga telah memberikan perhatian terhadap potensi zakat di Indonesia. Pada tahun 2017, Presiden Joko Widodo telah menandatangani Peraturan Pemerintah Nomor 14 Tahun 2017 tentang Pengelolaan Zakat. Peraturan tersebut bertujuan untuk memperkuat pengelolaan zakat di Indonesia agar lebih tepat sasaran dan efektif.

Peningkatan kesadaran berzakat di kalangan masyarakat juga menjadi faktor penting dalam meningkatkan potensi zakat tahun 2018. Saat ini, sudah banyak masyarakat yang sadar akan pentingnya zakat dan mencoba untuk menunaikannya. Bahkan, zakat sudah menjadi bagian dari budaya masyarakat Indonesia.

Dengan meningkatnya potensi zakat di Indonesia, diharapkan dapat membantu mengurangi kemiskinan dan mempererat hubungan antara sesama Muslim. Oleh karena itu, marilah kita saling mengingatkan untuk menunaikan kewajiban zakat kita. Sebagai Muslim yang baik, kita harus senantiasa memperhatikan serta berbuat kebaikan untuk sesama.

BACA JUGA:   Berapa Nisab Zakat Emas?

Kesimpulan

Potensi zakat tahun 2018 di Indonesia diprediksi akan meningkat dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Faktor-faktor seperti kemudahan dalam menyalurkan zakat, perkembangan teknologi, perhatian pemerintah, dan meningkatnya kesadaran berzakat di kalangan masyarakat menjadi faktor penting dalam meningkatkannya potensi zakat. Semoga dengan meningkatnya potensi zakat di Indonesia, kita dapat membantu mengurangi kemiskinan dan mempererat hubungan antara sesama Muslim.