Skip to content
Home » Bagaimana Zakat Dibagi Secara Merata

Bagaimana Zakat Dibagi Secara Merata

Zakat adalah salah satu rukun Islam yang wajib dilakukan oleh setiap Muslim yang mampu. Zakat adalah pembayaran harta yang dikeluarkan dalam rangka membersihkan harta sekaligus memperoleh pahala dari Allah SWT. Salah satu poin terpenting dalam pembayaran zakat adalah bagaimana pembayaran dilakukan secara merata antara yang berhak menerima zakat.

Apa itu Zakat?

Secara pengertian, zakat adalah pembayaran harta yang dikeluarkan untuk membersihkan harta dan jiwa dari sifat-sifat kikir dan keserakahan. Zakat bertujuan untuk meningkatkan kepatuhan kepada Allah SWT dan meningkatkan solidaritas sosial.

Bagaimana Zakat Dibagi Secara Merata?

Untuk membagi zakat secara merata, ada beberapa langkah yang dapat dilakukan. Pertama, tentukan jumlah zakat yang harus dibayar. Setelah itu, tentukan siapa saja yang berhak menerima zakat. Kemudian, bagi jumlah zakat tersebut dengan jumlah penerima zakat. Dalam pembagian zakat secara merata ini, harus memperhatikan kriteria penerima zakat dari segi jumlah maupun kelayakan.

Siapa yang Berhak Menerima Zakat?

Zakat dapat diberikan kepada delapan golongan yang berhak menerimanya, yaitu fakir miskin, mualaf, budak yang ingin memerdekakan diri, orang yang terlilit hutang, orang yang memerlukan perlindungan, orang yang sedang berjuang di jalan Allah, musafir yang sedang dalam kesulitan, dan amil zakat (pegawai pengumpul zakat). Dalam penentuan penerima zakat, harus dikaji secara mendalam terkait kelayakan penerima zakat tersebut.

Bagaimana Cara Pembayaran Zakat?

Pembayaran zakat dapat dilakukan dengan berbagai macam cara. Pertama, secara langsung dibagikan kepada penerima zakat. Kedua, diserahkan kepada amil zakat sebagai wakil dari penerima zakat. Ketiga, diserahkan kepada personil resmi yang ditunjuk untuk mendistribusikan zakat. Dalam pembayaran zakat, harus dijaga ketersediaan dana zakat yang cukup untuk memenuhi kebutuhan di masa mendatang.

BACA JUGA:   Do'a Ketika Menerima Zakat Fitrah

Mengapa Pembayaran Zakat Penting?

Pembayaran zakat adalah wajib bagi setiap Muslim yang mampu melakukannya. Zakat bertujuan untuk membersihkan harta sekaligus memperoleh pahala dari Allah SWT serta meningkatkan kepatuhan kepada agama. Pembayaran zakat juga membantu meningkatkan solidaritas sosial dengan membantu sesama yang membutuhkan.

Penutup

Pembayaran zakat secara merata membutuhkan kajian yang mendalam terkait jumlah serta kelayakan dari penerima zakat. Pembayaran zakat memiliki manfaat yang besar bagi kesejahteraan sosial serta pahala dari Allah SWT. Semoga artikel ini dapat memberikan gambaran mengenai bagaimana zakat dibagi secara merata dan pentingnya pembayaran zakat.