Skip to content
Home » Bagan dan Struktur Organisasi Kelompok Bimbingan Ibadah Haji

Bagan dan Struktur Organisasi Kelompok Bimbingan Ibadah Haji

Bimbingan ibadah haji adalah sebuah kegiatan yang sangat penting bagi umat Muslim yang ingin menunaikan ibadah haji di Mekkah. Oleh karena itu, peran dari kelompok bimbingan ibadah haji sangatlah penting dalam membantu para jamaah haji dalam menunaikan ibadah tersebut.

Dalam kelompok bimbingan ibadah haji, ada sebuah struktur organisasi yang ditetapkan sebagai pedoman dalam mengelola kelompok tersebut. Struktur organisasi ini dibagi menjadi beberapa tingkatan, dan setiap tingkatannya memiliki tugas dan tanggung jawab yang berbeda-beda.

Pimpinan Kelompok Bimbingan Ibadah Haji

Pimpinan kelompok bimbingan ibadah haji merupakan posisi yang paling penting dalam struktur organisasi ini. Pimpinan kelompok memiliki tugas dan tanggung jawab untuk mengkoordinasikan seluruh kegiatan dalam kelompok, mulai dari persiapan sebelum keberangkatan hingga kepulangan jamaah ke tanah air.

Koordinator Lapangan

Koordinator lapangan bertugas untuk mengorganisir segala kegiatan yang terkait dengan pelaksanaan ibadah haji di Mekkah. Koordinator lapangan juga bertanggung jawab dalam mengurus akomodasi jamaah, transportasi, serta kesehatan dan keselamatan jamaah.

Pembimbing Spiritual

Pembimbing spiritual adalah posisi yang sangat penting dalam kelompok bimbingan ibadah haji. Pembimbing spiritual bertugas untuk memberikan arahan dan bimbingan spiritual kepada jamaah haji, serta membantu mereka dalam mengekspresikan perasaan serta keluh kesah mereka selama di Mekkah.

Dokter

Dalam kelompok bimbingan ibadah haji, ada seorang dokter yang bertanggung jawab untuk mengurus kesehatan para jamaah haji. Dokter ini akan membantu jika ada jamaah yang jatuh sakit atau membutuhkan perawatan kesehatan selama di Mekkah.

Staff Administrasi dan Keuangan

Staff administrasi dan keuangan bertanggung jawab dalam mengurus administrasi dan keuangan kelompok bimbingan ibadah haji. Mereka bertugas untuk menerima dan mengatur pengelolaan dokumen-dokumen penting, serta mengelola anggaran kelompok serta penerimaan dana dari jamaah.

BACA JUGA:   Jemaah Haji Jember yang Mendaftar 2019: Panduan Lengkap untuk Anda

Kesimpulan

Penting bagi kelompok bimbingan ibadah haji untuk memiliki struktur organisasi yang kuat dan terorganisir dengan baik. Semua posisi yang ada harus ditempati oleh orang-orang yang berkualitas dan kompeten dalam bidangnya masing-masing. Dengan demikian, jamaah haji dapat menunaikan ibadah haji dengan lancar dan nyaman, serta mendapat bimbingan dan perlindungan yang memadai saat berada di Mekkah dan sekitarnya.