Skip to content
Home » Baju Yang Cocok Dipakai Saat Beribadah Umroh

Baju Yang Cocok Dipakai Saat Beribadah Umroh

Baju apa saja untuk umroh?

Bagi umat muslim, ibadah haji (umroh) adalah salah satu persyaratan keagamaan yang harus dipenuhi. Setiap tahunnya, jutaan umat muslim berangkat ke Makkah untuk melaksanakan ibadah haji. Salah satu persyaratan untuk melaksanakan ibadah haji adalah mengenakan baju khusus yang disebut baju ihram. Dalam artikel ini, kami akan menyajikan informasi tentang baju apa saja yang wajib dipakai untuk umroh dan apa saja kewajiban-kewajiban yang harus dipenuhi.

Apa Itu Baju Ihram?

Baju ihram adalah baju khusus yang harus dipakai oleh jamaah haji selama melaksanakan ibadah haji. Baju ini terdiri dari dua bagian yaitu izar (bawahan) dan rida (atasan). Baju ini harus dipakai saat memasuki kawasan haram (area Haji). Baju ihram terbuat dari kain katun putih yang tidak ada motif ataupun gambar. Warna baju ihram ini juga tidak boleh dipilih.

Bagaimana Cara Memakai Baju Ihram?

Cara memakai baju ihram sangat sederhana dan mudah dilakukan. Jamaah haji hanya perlu memasang kain izar di bagian bawah tubuhnya, lalu menutupinya dengan rida. Baju ini tidak dikenakan seluruh tubuh, melainkan hanya bagian atas tubuh saja. Selain itu, jamaah haji juga tidak boleh mengenakan pakaian lain selain baju ihram.

Bagaimana Cara Merawat Baju Ihram?

Merawat baju ihram tidaklah sulit. Baju ini harus dicuci secara teratur dan harus dikeringkan dengan baik. Jika baju ihram terkena air, jangan lupa untuk segera mengeringkannya agar tidak menimbulkan bau yang tidak sedap. Selain itu, jamaah haji juga harus menjaga kebersihan baju ihramnya, karena baju ini akan digunakan selama melakukan ibadah haji.

BACA JUGA:   Daftar Provider Visa Umroh Indonesia

Apa Saja Kewajiban yang Harus Dipenuhi Saat Memakai Baju Ihram?

Saat memakai baju ihram, jamaah haji diwajibkan untuk menjalankan beberapa kewajiban. Pertama, jamaah harus melakukan tawaf di Ka’bah. Kedua, jamaah harus berwudhu (mandi) sebelum berangkat haji. Ketiga, jamaah harus menjalankan semua ibadah haji dengan sungguh-sungguh. Keempat, jamaah harus menjaga kebersihan baju ihramnya. Kelima, jamaah harus tunduk dan patuh terhadap peraturan yang berlaku di Makkah.

Apa Saja Baju Lain yang Dibutuhkan untuk Umroh?

Selain baju ihram, jamaah haji juga harus mempersiapkan beberapa baju lain yang dibutuhkan untuk umroh. Pertama, jamaah harus membawa mukena. Mukena ini akan digunakan saat tawaf di Ka’bah. Kedua, jamaah harus membawa buku do’a yang berisi doa-doa yang dibaca saat melakukan ibadah haji. Ketiga, jamaah harus membawa Al-Quran kecil yang dapat dibawa kemana-mana. Keempat, jamaah harus membawa kaos kaki untuk melindungi kaki dari panas dan becek. Kelima, jamaah harus membawa sarung tangan untuk melindungi tangan dari panas dan becek.

Apa Saja Hal yang Dilarang Saat Memakai Baju Ihram?

Beberapa hal yang dilarang saat memakai baju ihring adalah mengenakan pakaian lain selain baju ihram, melakukan percakapan yang tidak sopan, berbuat curang, melakukan zina, berhutang, bertengkar, dan berbohong. Selain itu, jamaah juga tidak boleh memotong rambut, mencukur bulu kening, memakai parfum, dan memakai sepatu atau sandal.

Apakah Baju Ihram yang Digunakan Berpengaruh Terhadap Ibadah Haji?

Ya, baju ihram yang digunakan berpengaruh terhadap ibadah haji. Baju ihram merupakan simbol ketaqwaan dan kesungguhan dalam melaksanakan ibadah haji. Dengan memakai baju ihram, jamaah haji menunjukkan bahwa ia siap menjalankan ibadah haji dengan ikhlas.

BACA JUGA:   Ibadah Umroh - Panduan Lengkap Untuk Melakukan Umroh

Kesimpulan

Mengenakan baju ihram merupakan salah satu persyaratan yang harus dipenuhi oleh jamaah haji. Baju ihram terdiri dari dua bagian yaitu izar dan rida. Cara memakai baju ihram sangat sederhana dan mudah dilakukan. Selain baju ihram, jamaah haji juga harus mempersiapkan beberapa baju lain yang dibutuhkan untuk umroh. Saat memakai baju ihram, jamaah diwajibkan untuk menjalankan beberapa kewajiban. Baju ihram yang digunakan berpengaruh terhadap ibadah haji, karena merupakan simbol ketaqwaan dan kesungguhan dalam melaksanakan ibadah haji.

FAQs

Q1: Apa Itu Baju Ihram?

A1: Baju ihram adalah baju khusus yang harus dipakai oleh jamaah haji selama melaksanakan ibadah haji. Baju ini terdiri dari dua bagian yaitu izar (bawahan) dan rida (atasan). Baju ini harus dipakai saat memasuki kawasan haram (area Haji).

Q2: Bagaimana Cara Memakai Baju Ihram?

A2: Cara memakai baju ihram sangat sederhana dan mudah dilakukan. Jamaah haji hanya perlu memasang kain izar di bagian bawah tubuhnya, lalu menutupinya dengan rida. Baju ini tidak dikenakan seluruh tubuh, melainkan hanya bagian atas tubuh saja. Selain itu, jamaah haji juga tidak boleh mengenakan pakaian lain selain baju ihram.

Q3: Bagaimana Cara Merawat Baju Ihram?

A3: Merawat baju ihram tidaklah sulit. Baju ini harus dicuci secara ter