Skip to content
Home » Bayar Dam Haji: Pahami Besarannya dan Kiasan Pembayaran Dengan 3 Jenis Hewan

Bayar Dam Haji: Pahami Besarannya dan Kiasan Pembayaran Dengan 3 Jenis Hewan

Bayar Dam Haji: Pahami Besarannya dan Kiasan Pembayaran Dengan 3 Jenis Hewan

Bayar Dam Haji Berapa?

Mengenai penyembelihan hewan untuk membayar Dam haji, banyak jamaah yang masih bingung akan besarnya nominal yang harus dikeluarkan. Sebelum membahas lebih jauh mengenai nominal yang harus dikeluarkan, penting bagi kita untuk mengetahui apa yang dimaksud dengan Dam itu sendiri.

Dam adalah bentuk denda bagi jamaah yang melakukan kesalahan dalam pelaksanaan ibadah haji dan umroh. Salah satu bentuk Dam adalah dengan menyembelih hewan ternak seperti sapi, unta atau kambing. Namun, besarnya Dam yang harus dikeluarkan berbeda-beda tergantung pada jenis pelanggarannya.

Dalam kasus penyembelihan unta sebagai bentuk Dam, biasanya pihak biro travel agen haji yang menentukan nominal yang harus dibayarkan oleh jamaah. Jika jamaah tidak mampu membayar Dam dengan unta, maka dapat dilakukan dengan menyembelih seekor sapi atau kerbau. Namun, jika masih belum mampu juga, maka dapat melakukan Dam dengan menyembelih 7 ekor kambing.

Sebagai informasi tambahan, penyembelihan hewan untuk Dam harus dilakukan di tempat yang telah ditunjuk oleh pihak berwenang. Hewan yang akan disembelih juga harus memenuhi syarat-syarat tertentu, seperti sehat, tidak cacat dan memiliki ukuran tertentu. Selain itu, pelaksanaan penyembelihan hewan untuk Dam juga harus dilakukan dengan cara yang benar dan sesuai aturan Islam.

Jadi, berapa nominal yang harus dikeluarkan untuk membayar Dam haji dengan menyembelih unta? Jawabannya tergantung pada pihak biro travel agen yang Anda gunakan. Biasanya, besarnya nominal Dam berkisar antara 5 hingga 6 juta rupiah. Namun, dapat saja berbeda tergantung pada kebijakan masing-masing biro travel agen.

Namun, agar jamaah tidak terbebani dengan jumlah nominal yang besar, biasanya biro travel agen menawarkan paket Dam dengan jumlah peserta yang lebih banyak. Dalam hal ini, biaya yang harus dikeluarkan per orang dapat lebih terjangkau. Selain itu, beberapa biro travel agen juga menawarkan pilihan Dam dengan menyembelih hewan yang lebih kecil, seperti kambing atau domba.

BACA JUGA:   Doa Manasik Haji Berurutan

Dalam mengambil keputusan untuk membayar Dam haji dengan jumlah nominal yang ditentukan, pastikan untuk memilih biro travel agen yang terpercaya dan memiliki reputasi yang baik. Hal ini akan memastikan bahwa penyembelihan hewan untuk Dam dilakukan dengan cara yang benar dan sesuai aturan Islam, serta nominal yang dibayarkan tidak melampaui batas yang wajar.

Jadi, bagi Anda yang hendak menunaikan ibadah haji dan diberikan hukuman Dam, jangan khawatir dengan besarnya nominal yang harus dikeluarkan. Pastikan bahwa penyembelihan hewan untuk Dam dilakukan dengan benar dan oleh pihak yang terpercaya. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda yang membutuhkan informasi mengenai bayar Dam haji berapa.