Skip to content
Home » Benarkah Bisa Melakukan Umrah Setiap Tahun? Simak Penjelasannya Disini!

Benarkah Bisa Melakukan Umrah Setiap Tahun? Simak Penjelasannya Disini!

Apakah umroh boleh tiap tahun?

Apakah Umroh Boleh Dilakukan Tiap Tahun?

Umroh adalah suatu ibadah yang dianjurkan oleh agama Islam untuk para jamaah yang ingin mengunjungi Baitullah yang terletak di Makkah Al-Mukarromah. Umroh adalah ibadah yang harus dilakukan oleh setiap muslim yang mampu, dan dapat dilakukan kapan saja. Tetapi, banyak orang yang bertanya-tanya, apakah umroh boleh dilakukan tiap tahun?

Untuk menjawab pertanyaan ini, mari kita lihat pada beberapa pendapat ulama terkenal di dunia.

Pendapat Ulama

Pertama, menurut madzhab jumhur ulama, umroh boleh dan hukumnya disunnahkan. Bersumber dari madzhab jumhur ulama, diantaranya ‘Atha’, Thawus, ‘Ikrimah, asy-Syafi’i, dan Ahmad. Pendapat ini juga diriwayatkan dari Ali, Ibnu Umar, Ibnu Abbas, dan Aisyah.

Kedua, menurut pendapat Syaikh Muhammad bin Shalih al-Utsaimin, umroh boleh dilaksanakan tiap tahun, asalkan tidak mengakibatkan kesulitan bagi pelakunya. Dia menyarankan bahwa jika seseorang sudah melakukan umroh satu kali, maka ia tidak disarankan untuk melakukannya lagi sebelum tahun berikutnya.

Ketiga, pendapat Syaikh Muhammad bin Shalih al-Utsaimin juga menyarankan bahwa jika seseorang mampu secara finansial, maka boleh baginya melakukan umroh berkali-kali dalam satu tahun.

Kesimpulan

Berdasarkan beberapa pendapat di atas, dapat disimpulkan bahwa umroh boleh dilakukan tiap tahun. Namun, para jamaah disarankan untuk mempertimbangkan secara hati-hati apakah mereka mampu secara finansial untuk melakukan umroh berkali-kali dalam satu tahun.

Tips Berikutnya

1. Siapkan mental dan fisik Anda. Sebelum melakukan umroh, siapkan mental dan fisik Anda. Bawa pakaian yang sesuai dengan syariat Islam, juga bawa makanan dan minuman yang sesuai dengan syariat Islam.

2. Siapkan persiapan perjalanan. Pastikan Anda memiliki dokumen perjalanan yang lengkap, seperti visa, tiket, dan lainnya. Jangan lupa untuk memastikan bahwa semua dokumen tersebut benar-benar lengkap dan sesuai.

BACA JUGA:   Daftar Travel Umroh Bermasalah - Tahu Manfaat dan Resikonya Sebelum Berangkat

3. Siapkan semua persyaratan lainnya. Siapkan semua persyaratan lainnya yang diperlukan untuk melakukan umroh, seperti surat keterangan kesehatan, dll.

4. Siapkan jadwal dan agenda umroh. Pastikan Anda memiliki jadwal dan agenda umroh yang jelas. Pastikan juga bahwa jadwal dan agenda tersebut sesuai dengan syariat Islam.

Penutup

Dari uraian di atas dapat disimpulkan bahwa umroh boleh dilakukan tiap tahun, dengan syarat bahwa jamaah harus mempertimbangkan secara hati-hati apakah mereka mampu secara finansial untuk melakukan umroh berkali-kali dalam satu tahun. Selain itu, para jamaah juga harus memastikan bahwa mereka sudah mempersiapkan mental dan fisik, persiapan perjalanan, serta persyaratan lainnya yang diperlukan untuk melakukan umroh.

.