Skip to content
Home » Berapa Banyak Yang Harus Dikeluarkan Untuk Biaya Paket Haji Plus?

Berapa Banyak Yang Harus Dikeluarkan Untuk Biaya Paket Haji Plus?

Berapa biaya paket haji Plus?

Berapa Biaya Paket Haji Plus?

Haji Plus adalah salah satu jalur yang dapat dipilih untuk menunaikan ibadah haji. Pada tahun 2022, informasi biaya haji plus berkisar antara 11.000 dolar AS sampai 22.000 dolar AS. Jika dikonversi ke rupiah, nilainya sekitar Rp 155 juta hingga Rp 311 juta per-orang.

Pada tahun 2022, jumlah orang yang menyelesaikan ibadah haji melalui jalur haji plus akan meningkat. Hal ini dikarenakan adanya banyak fasilitas yang menarik, seperti kenyamanan, kemudahan dalam proses pengurusan, dan tentunya biaya yang relatif lebih murah.

Dalam proses menyelesaikan ibadah haji, banyak biaya yang harus dikeluarkan. Biaya tersebut meliputi biaya untuk pengurusan, akomodasi, dan jasa lain-lain yang berkaitan dengan ibadah haji. Dengan kata lain, biaya haji plus adalah total biaya yang dikeluarkan untuk menunaikan ibadah haji.

Komponen Biaya Haji Plus

Biaya haji plus terdiri dari beberapa komponen, yaitu :

  • Biaya Visa – terdiri dari biaya untuk pengurusan visa, serta biaya untuk membeli asuransi perjalanan dan biaya untuk memperoleh visa.
  • Biaya Transportasi – biaya transportasi termasuk biaya untuk tiket pesawat menuju tanah suci dan transportasi dari satu tempat ke tempat lainnya selama berada di tanah suci.
  • Biaya Akomodasi – biaya akomodasi termasuk biaya untuk menyewa rumah yang nyaman dan layak untuk menunaikan ibadah haji. Biaya akomodasi juga termasuk biaya untuk menyewa asrama di Makkah dan Madinah.
  • Biaya Pengurusan – biaya pengurusan adalah biaya yang dibebankan oleh paket haji plus untuk menangani seluruh proses pengurusan ibadah haji. Hal ini termasuk biaya untuk mengurus dokumen visa, biaya untuk mendaftar ibadah haji, dan biaya untuk melakukan pembayaran kepada pemerintah Saudi.
  • Biaya Lainnya – biaya lainnya termasuk biaya untuk membeli pakaian ibadah haji, biaya untuk makan dan minum, serta biaya untuk membeli buku-buku panduan ibadah haji.
BACA JUGA:   Syarat Daftar Haji ke Depag

Berapa Biaya Paket Haji Plus?

Biaya haji plus bervariasi tergantung pada paket yang dipilih. Paket haji plus yang relatif murah cenderung menawarkan fasilitas yang standar, sedangkan paket yang lebih mahal akan menawarkan fasilitas yang lebih lengkap dan nyaman. Berikut adalah gambaran biaya haji plus yang ditawarkan oleh berbagai paket yang tersedia :

  • Paket Haji Plus Standar – Paket haji plus standar cenderung memiliki biaya sekitar 11.000 dolar AS, yang jika dikonversi ke rupiah, nilainya sekitar Rp 155 juta.
  • Paket Haji Plus Deluxe – Paket haji plus deluxe memiliki biaya sekitar 17.000 dolar AS, yang jika dikonversi ke rupiah, nilainya sekitar Rp 235 juta.
  • Paket Haji Plus Premium – Paket haji plus premium memiliki biaya sekitar 22.000 dolar AS, yang jika dikonversi ke rupiah, nilainya sekitar Rp 311 juta.

Namun, biaya haji plus yang ditawarkan oleh berbagai paket haji plus juga tergantung pada berbagai faktor, seperti jumlah orang yang akan menyelesaikan ibadah haji, jenis akomodasi yang dipilih, dan jenis transportasi yang dipilih. Oleh karena itu, ada baiknya jika Anda mempertimbangkan semua faktor tersebut sebelum memutuskan untuk menggunakan paket haji plus.

Tips Berhemat Biaya Paket Haji Plus

Berikut adalah beberapa tips untuk membantu Anda menghemat biaya paket haji plus 2022 :

  • Pertimbangkan Paket Haji Plus yang Sesuai – Pilihlah paket haji plus yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Jika Anda tidak memerlukan fasilitas yang mewah, Anda dapat memilih paket haji plus standar. Namun jika Anda ingin mendapatkan fasilitas yang lebih lengkap, Anda dapat memilih paket haji plus deluxe atau premium.
  • Pertimbangkan Berbagai Penawaran – Carilah berbagai penawaran dari berbagai paket haji plus yang tersedia. Pertimbangkan manfaat yang ditawarkan oleh setiap penawaran, lalu pilihlah yang paling sesuai dengan kebutuhan dan kondisi keuangan Anda.
  • Periksalah Biaya Tersembunyi – Jika Anda memutuskan untuk menggunakan paket haji plus, pastikan Anda membaca dengan seksama setiap detail biaya yang harus dikeluarkan. Hal ini penting untuk memastikan bahwa Anda tidak akan terkejut dengan biaya tambahan yang mungkin tidak Anda duga sebelumnya.
  • Cari Tahu Tanggal Berangkat Terbaik – Carilah tanggal berangkat yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda. Tanggal berangkat yang tepat akan membantu Anda untuk menghemat biaya haji plus. Jika Anda berangkat sebelum waktu yang tepat, Anda mungkin harus membayar biaya tambahan untuk mengurus dokumen visa dan biaya transportasi.
BACA JUGA:   Biaya Daftar Haji Plus 2019

Kesimpulan

Biaya haji plus bervariasi tergantung pada paket yang dipilih. Berdasarkan berbagai informasi, biaya haji plus 2022 berkisar antara 11.000 dolar AS sampai 22.000 dolar AS. Jika dikonversi ke rupiah, biaya ini nilainya sekitar Rp 155 juta hingga Rp 311 juta per-orang. Ada baiknya jika Anda mempertimbangkan semua faktor yang berhubungan dengan biaya haji plus, seperti jenis paket yang dipilih, jumlah orang yang akan menyelesaikan ibadah haji, dan jenis transportasi yang dipilih.