Skip to content
Home » Berapa Banyak Yang Harus Dizakati? – Panduan Lengkap

Berapa Banyak Yang Harus Dizakati? – Panduan Lengkap

Berbicara tentang zakat, memang tidak akan pernah habis. Ada banyak hal yang harus diketahui tentang zakat, salah satunya adalah berapa banyak yang harus dizakati. Dalam artikel ini, kita akan membahas panduan lengkap tentang berapa banyak yang harus dizakati, lengkap dengan contoh dan penjelasannya.

Apa itu Zakat?

Sebelum membahas tentang berapa banyak yang harus dizakati, ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu apa itu zakat. Zakat adalah salah satu dari lima rukun Islam yang harus dilakukan oleh setiap muslim yang telah memenuhi syarat-syarat tertentu. Zakat berasal dari kata "zakka" yang berarti memurnikan atau mensucikan. Dalam konteks zakat, zakat diartikan sebagai penyucian atau pemurnian harta.

Berapa Banyak yang Harus Dizakati?

Setelah mengetahui apa itu zakat, kini saatnya membahas tentang berapa banyak yang harus dizakati. Jumlah zakat yang harus dikeluarkan adalah sebesar 2,5% dari jumlah harta yang dimiliki dan telah mencapai nishab. Nishab adalah batas minimal jumlah harta yang harus dimiliki agar wajib dizakati.

Berikut adalah nishab zakat pada beberapa jenis harta:

  • Emas: 85 gram
  • Perak: 595 gram
  • Uang: Nilai setara dengan 85 gram emas atau 595 gram perak
  • Barang produksi: Jumlah barang produksi yang mencukupi untuk kebutuhan hidup selama satu tahun
  • Hasil tambang: Jumlah hasil tambang yang mencukupi untuk kebutuhan hidup selama satu tahun
  • Hewan ternak: Jumlah ternak yang mencukupi untuk kebutuhan hidup selama satu tahun

Jadi, jika jumlah harta sudah mencapai nishab, maka harta tersebut wajib dizakati dengan jumlah sebesar 2,5%.

Contoh Perhitungan Zakat

Untuk memperjelas tentang berapa banyak yang harus dizakati, berikut adalah contoh perhitungan zakat:

BACA JUGA:   Siapa Yang Diwajibkan Bayar Zakat Maal

Misalkan seseorang memiliki emas sebanyak 100 gram dengan harga Rp1.000.000 per gram, maka nilai emas tersebut adalah 100 x Rp1.000.000 = Rp100.000.000. Karena nishab zakat emas adalah 85 gram, maka harta tersebut sudah mencapai nishab dan wajib dizakati.

Untuk menghitung zakatnya, maka jumlah harta tersebut dikalikan dengan 2,5%. Jadi, zakat yang harus dikeluarkan adalah sebesar Rp100.000.000 x 2,5% = Rp2.500.000.

Pembayaran Zakat

Pembayaran zakat dapat dilakukan kapan saja, namun paling baik dilakukan pada bulan Ramadan. Ada beberapa cara untuk membayar zakat, di antaranya adalah:

  • Membayar secara langsung ke penerima zakat
  • Menitipkannya kepada pihak yang dapat dipercaya untuk disalurkan kepada penerima zakat
  • Membayar melalui lembaga zakat yang terpercaya

Kesimpulan

Dalam Islam, zakat merupakan kewajiban yang harus dilakukan oleh setiap muslim yang telah memenuhi syarat-syarat tertentu. Berapa banyak yang harus dizakati adalah sebesar 2,5% dari jumlah harta yang dimiliki dan telah mencapai nishab. Nishab zakat sendiri berbeda-beda tergantung pada jenis harta yang dimiliki. Pembayaran zakat dapat dilakukan kapan saja namun paling baik dilakukan pada bulan Ramadan.

Semoga artikel ini dapat membantu untuk memahami tentang berapa banyak yang harus dizakati. Mari kita laksanakan kewajiban kita sebagai muslim dengan penuh keikhlasan dan keikhlasan yang tulus.