Skip to content
Home » Berapa Banyak Zakat Fitrah yang Harus Dibayar?

Berapa Banyak Zakat Fitrah yang Harus Dibayar?

Zakat Fitrah merupakan salah satu kewajiban umat Islam yang harus dibayar setiap tahunnya pada bulan Ramadan. Ada banyak pertanyaan yang sering diajukan seputar zakat fitrah, salah satunya adalah “Berapa banyak zakat fitrah yang harus dibayar?”

Menurut mazhab Syafi’i dan Hambali, zakat fitrah yang harus dibayar adalah sebanyak satu sha (sekitar 3,5 liter) dari makanan pokok yang biasa dikonsumsi setiap hari. Sedangkan menurut mazhab Maliki dan Hanafi, zakat fitrah yang harus dibayar adalah sebanyak setengah sha (sekitar 1,75 liter) dari makanan pokok yang biasa dikonsumsi sehari-hari.

Contoh makanan pokok yang bisa dijadikan patokan untuk menghitung zakat fitrah antara lain beras, jagung, kedelai, gandum, atau tepung terigu. Jumlah zakat fitrah yang harus dibayar bisa dihitung secara kasar dengan cara mengalikan jumlah anggota keluarga dengan jumlah sha yang harus dibayar.

Misalkan, jika dalam satu keluarga terdapat 4 orang, maka zakat fitrah yang harus dibayar adalah empat sha atau sekitar 14 liter makanan pokok. Jumlah ini bisa disesuaikan dengan harga makanan pokok di daerah tempat tinggal. Oleh karena itu, disarankan untuk mengkonsultasikan zakat fitrah dengan pihak yang berkompeten agar jumlahnya sesuai dengan kondisi di lapangan.

Terdapat beberapa faedah yang dapat diperoleh dengan membayar zakat fitrah. Pertama, zakat fitrah bisa menjadi bentuk kepedulian sosial terhadap sesama, terutama bagi mereka yang kurang mampu. Kedua, dengan membayar zakat fitrah, seseorang bisa membersihkan diri dari segala dosa dan kesalahan yang mungkin dilakukan selama Ramadan.

Ketiga, membayar zakat fitrah juga bisa memperkuat ukhuwah Islamiah atau hubungan yang harmonis antar sesama umat Islam. Dengan membayar zakat fitrah, seseorang juga memberikan sumbangan dalam upaya menyejahterakan sesama. Zakat fitrah ini juga sangat penting untuk membantu orang yang membutuhkan, terutama dalam masa pandemi seperti saat ini.

BACA JUGA:   Berapa Bagian Zakat Fitrah 2019 Bagi Amil

Dalam membayar zakat fitrah, haruslah dilakukan dengan niat yang tulus dan ikhlas karena Allah SWT semata. Harus diingat pula bahwa zakat fitrah ini harus dibayar sebelum hari raya Idul Fitri agar bantuan kepada saudara-saudara kita yang membutuhkan dapat diberikan tepat waktu.

Demikianlah informasi mengenai berapa banyak zakat fitrah yang harus dibayar. Semoga bermanfaat bagi kita semua dalam meningkatkan ketaqwaan dan kepedulian sosial kita. Mari kita berlomba-lomba dalam berbuat baik dan membantu sesama dalam kesulitan.