Skip to content
Home » Berapa Bayar Zakat Fitrah Tahun 2019?

Berapa Bayar Zakat Fitrah Tahun 2019?

Zakat Fitrah adalah zakat yang wajib dikeluarkan oleh setiap Muslim yang mampu saat menjelang Idul Fitri. Zakat Fitrah dikeluarkan untuk membersihkan diri serta memperbaiki hati dari segala kebiasaan buruk dan perbuatan yang tidak pantas. Kewajiban zakat fitrah ini telah menjadi suatu tradisi yang dilakukan oleh umat Islam di seluruh dunia. Namun, banyak di antara kita yang masih bingung dan tidak tahu berapa jumlah zakat yang harus dikeluarkan setiap tahun. Berikut ini adalah informasi tentang berapa bayar zakat fitrah tahun 2019.

Jumlah Zakat Fitrah Tahun 2019

Berapa bayar zakat fitrah tahun 2019? Jumlah zakat fitrah tahun 2019 dipengaruhi oleh harga bahan makanan pokok yang ada pada saat melakukan pembayaran zakat. Berdasarkan harga bahan makanan pokok yang berlaku di wilayah Indonesia, maka besaran zakat fitrah tahun 2019 adalah sebesar Rp. 25.000,- per orang.

Siapa Yang Wajib Membayar Zakat Fitrah?

Setiap Muslim yang mampu wajib membayar zakat fitrah. Zakat fitrah ini harus dibayar sebelum pelaksanaan sholat Idul Fitri dilaksanakan. Zakat fitrah juga dibayar untuk diri sendiri dan juga untuk mewakilkan orang lain yang masih kecil atau belum mampu membayar zakat fitrah sendiri seperti anak atau orang yang tergolong miskin setempat.

Kapan Membayar Zakat Fitrah?

Masa pembayaran zakat fitrah dimulai saat terbenamnya matahari pada malam takbiran hingga sebelum sholat Idul Fitri. Itu artinya, pada saat pelaksanaan sholat Idul Fitri sudah tiba, maka tidak bisa lagi memasukkan zakat fitrah.

BACA JUGA:   Apa Arti Zakat Mal?

Cara Membayar Zakat Fitrah

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membayar zakat fitrah. Pertama, bisa melalui amil zakat terdekat yang ada di wilayah sekitar. Kedua, bisa membayar langsung dengan cara mendatangi tempat penyaluran zakat fitrah yang biasanya terdapat di masjid atau mushalla setempat.

Keutamaan Zakat Fitrah

Membayar zakat fitrah memiliki beberapa keutamaan di antaranya adalah membersihkan diri dan memperbaiki hati serta membantu saudara-saudara kita yang memerlukan pada saat hari raya.

Kesimpulan

Dengan demikian, informasi tentang jumlah zakat fitrah tahun 2019 adalah sebesar Rp. 25.000,- per orang. Setiap Muslim yang mampu wajib membayar zakat fitrah untuk membersihkan diri dan memperbaiki hati serta membantu saudara-saudara kita yang memerlukan. Mudah-mudahan informasi ini bermanfaat bagi kita semua dalam memenuhi kewajiban zakat fitrah.