Skip to content
Home » Berapa Berat Emas yang Dikenakan Zakat

Berapa Berat Emas yang Dikenakan Zakat

Anda mungkin telah mendengar tentang zakat, konsep memberikan sebagian dari kekayaan Anda untuk membantu mereka yang membutuhkan. Salah satu bentuk zakat adalah membayar zakat emas. Zakat emas adalah jumlah zakat yang harus Anda bayar setiap tahun atas kepemilikan emas yang dimiliki. Jadi, berapa berat emas yang harus dikenakan zakat?

Hukum Zakat Emas

Pertama-tama, mari kita lihat hukum zakat emas itu sendiri. Menurut hukum Islam, zakat emas adalah wajib bagi setiap orang yang memiliki emas seberat 85 gram atau lebih selama setahun. Hukum ini didasarkan pada narasi hadits dari Nabi Muhammad SAW:

"Emas seberat 5 dirham atau setara dengan 85 gram di atas kepemilikan yang berlangsung selama satu tahun diwajibkan zakatnya."

Bagaimana Cara Menghitung Zakat Emas?

Setelah mengetahui hukum zakat emas, langkah berikutnya adalah menghitung berapa berat emas dalam kepemilikan Anda yang harus dikeluarkan sebagai zakat. Untuk menghitung zakat emas, ada beberapa aturan yang harus diikuti:

  • Zakat emas dihitung berdasarkan berat emas yang dimiliki.
  • Jika jumlah emas yang dimiliki berbeda dengan batas minimal 85 gram, maka zakat harus dikenakan pada seluruh emas yang dimiliki, bukan hanya pada jumlah yang melebihi 85 gram.
  • Zakat emas dihitung sesuai dengan berat aktual emas yang dimiliki, bukan berdasarkan harga pasar saat ini.

Berikut adalah formula yang bisa digunakan untuk menghitung zakat emas:

Zakat = Berat Emas x Persentase Zakat

Persentase zakat yang harus dikenakan untuk emas adalah 2,5%.

Contoh Perhitungan Zakat Emas

Mari kita ambil contoh untuk lebih mudah memahaminya. Anda memiliki emas seberat 150 gram selama setahun. Berapa berat emas yang harus dikenakan zakat?

BACA JUGA:   Berapa Banyak Harta yang Harus Dizakati

Berat emas yang harus dikenakan zakat adalah:

150 gram x 2,5% = 3,75 gram

Jadi, Anda harus membayar zakat seberat 3,75 gram emas.

Kapan Harus Dikenakan Zakat Emas?

Anda harus membayar zakat emas setiap tahun setelah memiliki emas selama satu tahun. Ada beberapa waktu yang direkomendasikan untuk membayar zakat emas, yaitu pada bulan Ramadan atau sebelumnya, karena ini merupakan waktu yang diberkahi dan juga membantu orang-orang yang membutuhkan menjalankan ibadah puasa.

Kesimpulan

Demikianlah penjelasan tentang zakat emas, yang merupakan kewajiban bagi setiap orang yang memiliki emas seberat 85 gram atau lebih selama setahun. Untuk menghitung zakat emas, Anda harus mengikuti aturan-aturan yang berlaku dan menggunakan formula yang sesuai. Selain itu, Anda juga harus membayar zakat emas setiap tahun dan sebaiknya membayarnya di waktu yang diberkahi.

Dengan mengetahui berapa berat emas yang harus dikenakan zakat, Anda dapat melaksanakan kewajiban Anda sebagai seorang Muslim dan membantu mereka yang membutuhkan. Tetaplah mendekat kepada Allah SWT dengan berbuat baik kepada sesama.