Skip to content
Home » Berapa Besar Porsi Distribusi Zakat ke Sektor Produktif di Malaysia?

Berapa Besar Porsi Distribusi Zakat ke Sektor Produktif di Malaysia?

Berapa Besar Porsi Distribusi Zakat ke Sektor Produktif di Malaysia?

Dalam artikel ini, kita akan membahas pendistribusian zakat ke sektor produktif di Malaysia. Zakat merupakan salah satu dari lima rukun Islam dan wajib dikeluarkan oleh setiap individu Muslim yang mampu. Maka dengan adanya zakat, banyak orang berharap dapat membantu perekonomian bangsa Indonesia secara lebih luas.

Porsi distribusi zakat ke sektor produktif di Malaysia sendiri cukup besar, terutama untuk memacu pertumbuhan sektor ekonomi dan menumbuhkan kewirausahaan. Saat ini, zakat dikumpulkan dan didistribusikan oleh Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS). BAZNAS berperan sebagai lembaga pengelola zakat yang dikeluarkan oleh masyarakat.

Pada tahun 2020, BAZNAS Malaysia mengumumkan program yang bertujuan meningkatkan distribusi zakat ke sektor produktif. Program ini bertujuan untuk mengefektifkan penggunaan zakat dan meningkatkan kemandirian ekonomi masyarakat. Dalam program ini, porsi zakat yang didistribusikan ke sektor produktif ditingkatkan hingga 50%.

Program ini sangat penting untuk mendukung pengembangan sektor ekonomi produktif di Malaysia. Tujuan dari program ini adalah untuk membantu ekonomi masyarakat agar dapat tumbuh secara mandiri dan tidak tergantung pada bantuan pemerintah.

Peningkatan porsi zakat yang diberikan ke sektor produktif diharapkan dapat berdampak positif bagi pertumbuhan perekonomian di Malaysia. Hal ini karena sektor produktif adalah salah satu sektor yang memiliki potensi besar untuk meningkatkan perekonomian nasional.

Penggunaan zakat untuk sektor produktif juga dapat berdampak positif bagi masyarakat penerima zakat. Mereka dapat memperoleh pelatihan serta modal usaha dari zakat yang mereka terima. Sehingga dapat membantu meningkatkan kualitas hidup mereka dan juga membawa manfaat bagi seluruh masyarakat.

Kesimpulannya, porsi distribusi zakat ke sektor produktif di Malaysia cukup besar dan penting untuk mendukung pertumbuhan ekonomi nasional dan membantu kemandirian masyarakat. Program yang telah diluncurkan oleh BAZNAS merupakan langkah yang tepat untuk meningkatkan distribusi zakat pada sektor ini. Sehingga dapat membawa manfaat bagi seluruh masyarakat dan memajukan perekonomian nasional. Mari kita jaga penggunaan zakat kita dan manfaatkan zakat untuk memajukan negeri.

BACA JUGA:   Apa yang Dimaksud dengan Nisbah dalam Zakat