Skip to content
Home » Berapa biaya berangkat haji 2022?

Berapa biaya berangkat haji 2022?

Berapa biaya berangkat haji 2022?

Berapa Biaya Berangkat Haji 2022?

Haji merupakan salah satu ibadah yang wajib bagi umat Islam. Oleh karena itu, banyak orang yang ingin melaksanakan ibadah haji mereka. Untuk melakukan ini, tentu saja ada biaya yang harus dikeluarkan. Pertanyaannya adalah berapa biaya yang harus dikeluarkan untuk berangkat haji pada tahun 2022?

Biaya Haji 2022

Adapun untuk biaya haji 2022, pemerintah telah menetapkan biaya perjalanan ibadah haji (Bipih) sebesar Rp39.886.009 per jemaah. Hal itu berdasarkan hasil kesepakatan antara Kementerian Agama bersama Komisi VIII DPR dalam Rapat Kerja di Kompleks MPR/DPR, Senayan Jakarta, Rabu (13/4/2022) malam.

Biaya perjalanan ibadah haji (Bipih) tersebut terdiri dari biaya haji/rekening giro (Rp34.830.000), biaya visa haji (Rp1.250.000), biaya pembuatan paspor (Rp3.000.000) dan biaya pelayanan haji (Rp800.009).

Selain biaya perjalanan ibadah haji (Bipih), calon jemaah haji juga harus mempersiapkan biaya untuk keperluan selama berada di tanah suci. Biaya-biaya ini meliputi biaya transportasi, biaya akomodasi, biaya makan dan minum, biaya pengurusan visa, biaya pengurusan koper, biaya pengurusan dokumen, dan biaya lainnya.

Prosedur Pembayaran

Pembayaran biaya haji harus dilakukan secara tunai atau dengan menggunakan kartu kredit. Pembayaran tunai harus dilakukan melalui bank yang telah ditunjuk oleh pemerintah (Bank BNI, Bank BRI, Bank Mandiri, Bank BTPN, Bank Danamon, Bank BTN dan Bank BCA).

Pembayaran dengan kartu kredit dapat dilakukan melalui website resmi haji atau di bank-bank yang telah ditunjuk oleh pemerintah. Pembayaran dengan kartu kredit ini tidak akan dikenakan biaya tambahan dan dapat dilakukan melalui cicilan dengan jangka waktu maksimal 12 bulan.

BACA JUGA:   Daftar Tunggu Haji Kota Jambi: Mendaftar Segera atau Menunggu Kesempatan Lebih Baik?

Prosedur Pendaftaran

Untuk mendaftar haji tahun 2022, calon jemaah haji harus mengisi formulir pendaftaran haji yang tersedia di website resmi haji. Formulir ini harus diisi dengan benar dan lengkap agar pendaftaran dapat diproses dengan baik.

Setelah formulir pendaftaran haji diisi, calon jemaah harus melakukan pembayaran sebagaimana yang telah disebutkan sebelumnya. Setelah pembayaran berhasil dilakukan, calon jemaah harus mengirimkan bukti pembayaran kepada panitia haji.

Prosedur Seleksi

Setelah melakukan pendaftaran dan pembayaran, calon jemaah haji akan menjalani tahapan seleksi. Tahapan seleksi ini meliputi tes kesehatan dan tes wawancara yang akan dilakukan oleh panitia haji.

Tes kesehatan ini bertujuan untuk memastikan bahwa calon jemaah haji memiliki kondisi kesehatan yang memadai untuk melaksanakan ibadah haji. Tes wawancara ini bertujuan untuk memastikan bahwa calon jemaah haji memiliki pengetahuan yang memadai tentang ibadah haji.

Selain itu, calon jemaah haji juga harus mengikuti pelatihan haji yang diselenggarakan oleh panitia haji. Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan calon jemaah haji tentang ibadah haji.

Kesimpulan

Berangkat haji adalah salah satu ibadah yang wajib bagi umat Islam. Untuk berangkat haji tahun 2022, calon jemaah harus mempersiapkan biaya haji sebesar Rp39.886.009 per jemaah. Biaya ini terdiri dari biaya perjalanan ibadah haji (Bipih) dan biaya-biaya lainnya yang akan dikeluarkan selama berada di tanah suci. Pembayaran biaya haji dapat dilakukan dengan tunai atau kartu kredit. Calon jemaah harus melakukan pendaftaran di website resmi haji dan mengikuti tahapan seleksi yang telah ditentukan oleh panitia haji.

FAQs

Q1. Bagaimana cara mendaftar haji tahun 2022?
A1. Untuk mendaftar haji tahun 2022, calon jemaah haji harus mengisi formulir pendaftaran haji yang tersedia di website resmi haji.

BACA JUGA:   Daftar Haji untuk Anak: Persiapan Penting Sebelum Menunaikan Ibadah Haji

Q2. Berapa biaya yang harus dikeluarkan untuk berangkat haji tahun 2022?
A2. Untuk berangkat haji pada tahun 2022, calon jemaah harus mempersiapkan biaya sebesar Rp39.886.009 per jemaah.

Q3. Apa saja yang harus dilakukan calon jemaah haji untuk mempersiapkan berangkat haji?
A3. Calon jemaah haji harus melakukan pendaftaran di website resmi haji, melakukan pembayaran sesuai biaya yang telah ditentukan, dan mengikuti tahapan seleksi yang telah ditentukan oleh panitia haji.

Q4. Apakah pembayaran biaya haji dapat dilakukan dengan kartu kredit?
A4. Ya, pembayaran biaya haji dapat dilakukan dengan kartu kredit melalui website resmi haji atau di bank-bank yang telah ditunjuk oleh pemerintah.

Q5. Apakah pembayaran biaya haji dikenakan biaya tambahan?
A5. Tidak, pembayaran biaya haji dengan kartu kredit tidak akan dikenakan biaya tambahan.