Skip to content
Home » Berapa Biaya Daftar Haji Reguler 2019?

Berapa Biaya Daftar Haji Reguler 2019?

Jika Anda adalah seorang Muslim dan memiliki impian untuk menunaikan ibadah haji, maka Anda mungkin bertanya-tanya berapa biaya daftar haji reguler pada tahun 2019. Sebelum membahas berapa biaya yang diperlukan, mari kita ketahui terlebih dahulu tentang apa itu haji.

Haji adalah salah satu dari lima rukun Islam yang wajib dilakukan oleh setiap Muslim yang mampu secara finansial dan fisik. Haji dilaksanakan setiap tahunnya dalam bulan Dzulhijjah dan merupakan kegiatan bersama jutaan Muslim dari seluruh dunia.

Namun, untuk bisa menunaikan haji, setiap calon jamaah harus mendaftar terlebih dahulu dan membayar biaya yang cukup mahal. Biaya tersebut menutupi semua aspek dalam perjalanan haji, termasuk penginapan, transportasi, makanan, dan biaya administrasi.

Berapa Biaya Daftar Haji Reguler 2019?

Berapa biaya daftar haji reguler pada tahun 2019? Harga untuk menunaikan haji pada tahun ini bervariasi tergantung pada negara asal, jenis akomodasi, dan lain-lain. Namun, umumnya biaya untuk mendaftar haji reguler pada tahun 2019 berada di kisaran 34-43 juta rupiah.

Bagi sebagian orang, harga tersebut memang cukup mahal. Namun, jika dibandingkan dengan nilai ibadah haji yang tidak ternilai harganya, maka biaya tersebut sebenarnya terbilang cukup wajar.

Bagaimana Cara Mendaftar Haji?

Untuk mendaftar haji, calon jamaah harus terlebih dahulu melalui proses pendaftaran di kantor Kementerian Agama setempat. Setelah itu, calon jamaah akan diminta untuk membayar biaya haji. Biasanya, pembayaran bisa dilakukan secara tunai maupun non-tunai, tergantung dari kebijakan dan sumber daya yang tersedia di Kementerian Agama setempat.

Namun, karena biasanya biaya haji cukup tinggi, maka banyak calon jamaah yang memilih untuk membayar secara cicilan. Hal ini bertujuan untuk memudahkan mereka dalam mencicil biaya dan merencanakan secara matang pengeluaran dalam beberapa bulan atau tahun kedepan.

BACA JUGA:   Idrus Marham, Kisah Inspiratif Calon Jamaah Haji yang Dirindukan Keberangkatannya

Apa Saja Dokumen yang Diperlukan?

Selain membayar biaya haji dan melakukan pendaftaran di Kementerian Agama setempat, calon jamaah juga harus melengkapi berbagai macam dokumen seperti paspor, SKCK, dan visa sesuai dengan negara asal dan tujuan mereka.

Jadi, jika Anda berniat untuk menunaikan haji pada tahun ini, pastikan Anda sudah menyiapkan semua dokumen yang dibutuhkan dengan baik dan benar. Dokumen tersebut harus sudah siap sebelum Anda melakukan pendaftaran dan membayar biaya haji.

Kesimpulan

Haji adalah ibadah yang sangat penting bagi umat Muslim di seluruh dunia. Namun, untuk bisa menunaikan haji, setiap calon jamaah harus membayar biaya yang cukup mahal dan melengkapi berbagai dokumen yang dibutuhkan.

Sekarang Anda sudah mengetahui berapa biaya daftar haji reguler pada tahun 2019 dan apa saja yang perlu disiapkan jika ingin menunaikan haji. Pastikan Anda mempersiapkan semuanya dengan baik sehingga ibadah haji yang Anda lakukan dapat berjalan dengan lancar dan sukses.