Skip to content
Home » Berapa biaya haji yang sebenarnya?

Berapa biaya haji yang sebenarnya?

Berapa biaya haji yang sebenarnya?

Berapa Biaya Haji yang Sebenarnya?

Haji adalah salah satu ibadah yang diwajibkan bagi seorang muslim. Namun, sebelum melaksanakannya, para jemaah haji harus mempersiapkan berbagai biaya. Biaya ibadah haji sejatinya mencapai Rp. 70 juta kurang lebih. Namun, calon jemaah haji di Indonesia hanya membayar 51% dari biaya yang sesungguhnya, yakni dikisaran 35,2 juta. Jumlah ini telah ditentukan oleh pemerintah setelah melakukan serangkaian kajian dan perhitungan.

Apa Yang Memengaruhi Biaya Haji?

Biaya ibadah haji bukanlah biaya yang tetap, karena ada beberapa faktor yang memengaruhi jumlah biaya haji yang harus dibayarkan. Biaya ibadah haji akan berbeda tergantung dari negara asal jemaah haji, dari mana ia berangkat, dan juga jumlah jemaah haji yang akan bersama-sama melakukan ibadah haji.

Biaya yang Dibutuhkan untuk Berangkat ke Tanah Suci

Untuk berangkat ke Tanah Suci, para jemaah haji harus mempersiapkan beberapa biaya, seperti biaya akomodasi, biaya transportasi, biaya makan dan minum, biaya medis baik di Tanah Suci maupun di Indonesia, biaya visa, biaya kegiatan haji, biaya pengurusan haji, dan biaya lainnya.

Biaya Akomodasi di Tanah Suci

Biaya akomodasi adalah biaya untuk menyewa tempat tinggal di Tanah Suci selama melakukan ibadah haji. Biaya akomodasi bervariasi tergantung dari jenis akomodasi yang dipilih oleh jemaah haji. Jenis akomodasi yang tersedia antara lain hotel, rumah, apartemen, dan lainnya.

Biaya Transportasi di Tanah Suci

Biaya transportasi di Tanah Suci juga harus diperhitungkan oleh para jemaah haji. Di sini, calon jemaah haji dapat memilih antara transportasi berupa mobil, kereta api, ataupun pesawat terbang. Biaya transportasi yang harus dikeluarkan juga akan bervariasi tergantung dari jenis transportasi yang dipilih.

BACA JUGA:   Haji Mabrur: Karakteristik yang Perlu Diketahui

Biaya Makan dan Minum

Selain biaya akomodasi dan transportasi, para jemaah haji juga harus mempersiapkan biaya makan dan minum. Biaya ini juga dapat bervariasi tergantung dari jenis makanan yang dipilih. Selain itu, biaya makan dan minum juga dapat bervariasi tergantung dari jenis restoran yang dipilih oleh jemaah haji.

Biaya Medis

Biaya medis adalah biaya yang harus dikeluarkan oleh para jemaah haji saat mereka sakit. Biaya medis dibagi menjadi dua, yaitu biaya medis di Tanah Suci dan biaya medis di Indonesia. Biaya medis di Tanah Suci dihitung berdasarkan jenis perawatan medis yang dibutuhkan. Sedangkan biaya medis di Indonesia dibayarkan kepada asuransi kesehatan yang telah ditetapkan sebelumnya.

Biaya Visa

Biaya visa adalah biaya yang harus dikeluarkan untuk mendapatkan visa masuk ke Tanah Suci. Biaya visa bervariasi tergantung dari negara asal jemaah haji. Biaya visa juga akan berbeda tergantung dari jenis visa yang dipilih.

Biaya Kegiatan Haji

Biaya kegiatan haji adalah biaya yang harus dikeluarkan oleh para jemaah haji untuk melakukan ibadah haji. Biaya kegiatan haji ini meliputi biaya untuk menyewa dan membeli perlengkapan ibadah haji, biaya untuk konsultasi dokter haji, biaya untuk membeli buku-buku haji, biaya untuk membeli buku panduan haji, dan biaya lainnya yang berhubungan dengan ibadah haji.

Biaya Pengurusan Haji

Biaya pengurusan haji adalah biaya yang harus dikeluarkan untuk mempersiapkan dokumen-dokumen yang dibutuhkan untuk melakukan ibadah haji. Biaya pengurusan haji ini meliputi biaya untuk pembuatan paspor, biaya untuk pembuatan surat keterangan haji, biaya untuk pembuatan surat keterangan keturunan, dan lainnya.

Kesimpulan

Biaya ibadah haji sangat bervariasi dan dipengaruhi oleh beberapa faktor. Para jemaah haji harus mempersiapkan biaya akomodasi, biaya transportasi, biaya makan dan minum, biaya medis, biaya visa, biaya kegiatan haji, dan biaya pengurusan haji. Dengan mempersiapkan semua biaya tersebut, para jemaah haji dapat melaksanakan ibadah haji dengan lancar dan aman.

BACA JUGA:   Daftar Nama Calon Jamaah Haji Tahun 2017 Sulawesi Tengah

FAQs

Q1. Berapa biaya ibadah haji yang sebenarnya?

A1. Biaya ibadah haji sejatinya mencapai Rp. 70 juta kurang lebih. Namun, calon jemaah haji di Indonesia hanya membayar 51% dari biaya yang sesungguhnya, yakni dikisaran 35,2 juta.

Q2. Apa saja biaya yang harus dipersiapkan untuk berangkat ke Tanah Suci?

A2. Para jemaah haji harus mempersiapkan biaya akomodasi, biaya transportasi, biaya makan dan minum, biaya medis, biaya visa, biaya kegiatan haji, dan biaya pengurusan haji.

Q3. Bagaimana cara menentukan biaya akomodasi di Tanah Suci?

A3. Biaya akomodasi di Tanah Suci bervariasi tergantung dari jenis akomodasi yang dipilih oleh jemaah haji. Jenis akomodasi yang tersedia antara lain hotel, rumah, apartemen, dan lainnya.

Q4. Berapa biaya transportasi yang harus dikeluarkan?

A4. Biaya transportasi yang harus dikeluarkan juga akan bervariasi tergantung dari jenis transportasi yang dipilih. Di sini, calon jemaah haji dapat memilih antara transportasi berupa mobil, kereta api, ataupun pesawat terbang.

Q5. Berapa biaya medis yang harus dikeluarkan?

A5. Biaya medis dibagi menjadi dua, yaitu biaya medis di Tanah Suci dan biaya medis di Indonesia. Biaya medis di Tanah Suci dihitung berdasarkan jenis perawatan medis yang dibutuhkan. Sedangkan biaya medis di Indonesia dibayarkan kepada asuransi kesehatan yang telah ditetapkan sebelumnya.