Skip to content
Home » Berapa Biaya Terkini Naik Haji Reguler? Simak Rinciannya Di Sini!

Berapa Biaya Terkini Naik Haji Reguler? Simak Rinciannya Di Sini!

Berapa Ongkos Naik haji Reguler?

Berapa Ongkos Naik Haji Reguler?

Kementerian Agama (Kemenag) telah mengusulkan rerata biaya perjalanan ibadah haji (BPIH) tahun 1444 Hijriah/2023 Masehi. Rerata biaya yang ditetapkan adalah Rp98,89 juta per jemaah, ini meningkat sebesar Rp514,88 ribu dibandingkan dengan tahun lalu. Dari jumlah tersebut, biaya yang perlu ditanggung oleh jemaah sendiri adalah 70% atau sebesar Rp69,19 juta per orang.

Pentingnya Persiapan Naik Haji

Meskipun ongkos naik haji tahun ini mengalami kenaikan, namun hal ini bukan alasan bagi Anda untuk berkecil hati. Sebab, dengan tahapan persiapan yang matang, manfaat yang Anda dapatkan dari berhaji pun akan lebih besar. Berikut adalah manfaat yang dapat Anda rasakan dengan melakukan persiapan naik haji dengan matang:

1. Membantu Menabung dengan Lebih Mudah

Menabung untuk naik haji membutuhkan waktu yang cukup lama. Oleh karena itu, segeralah menyiapkan rencana tabungan haji-mu. Dengan begitu, Anda tidak akan merasa terganggu dengan besarnya jumlah biaya yang harus dikeluarkan.

2. Mengetahui Kebutuhan dan Persyaratan Naik Haji

Setelah mengetahui berapa ongkos naik haji, maka Anda juga harus mengetahui persyaratan untuk melakukan ibadah. Sebab, persyaratan tersebut harus dipenuhi oleh Anda sebelum akan berangkat ke Tanah Suci.

3. Mempersiapkan Kebutuhan Sebelum Berangkat

Selain persyaratan, persiapan naik haji juga meliputi persiapan administrasi, fisik, dan mental yang harus Anda lakukan. Dengan begitu, Anda pun akan lebih siap dalam menghadapi kondisi di Tanah Suci nantinya.

BACA JUGA:   Cara Daftar di Kiblatain Haji: Panduan Lengkap

4. Mempersiapkan Diri Secara Spiritual

Kebutuhan spiritual juga penting untuk dipersiapkan sebelum naik haji. Hal ini dikarenakan ibadah haji tidak hanya membutuhkan persiapan fisik dan materi, namun juga persiapan spiritual. Oleh karena itu, sebelum berangkat pastikan bahwa Anda sudah siap secara spiritual.

Kesimpulan

Haji adalah salah satu ibadah yang dianjurkan oleh agama Islam. Namun, dalam melakukan ibadah ini Anda harus mempersiapkan segalanya dengan matang. Mulai dari persyaratan, kebutuhan materi, hingga kebutuhan spiritual. Jika Anda berhasil merencanakan semuanya dengan baik, maka keberangkatan Anda pun akan berjalan dengan lancar dan Anda pun akan lebih siap dalam menghadapi berbagai kondisi di Tanah Suci. Jadi, jangan lupa untuk mempersiapkan semuanya dengan matang yakni mulai dari persiapan administrasi, fisik, dan spiritual.