Skip to content
Home » Berapa Biaya Yang Dibutuhkan Untuk Menunaikan Ibadah Umroh?

Berapa Biaya Yang Dibutuhkan Untuk Menunaikan Ibadah Umroh?

Berapa dana yang dibutuhkan untuk umroh?

Berapa Dana yang Dibutuhkan untuk Umroh?

Keputusan Menteri Agama (KMA) Nomor 777 Tahun 2020 menetapkan bahwa biaya umroh minimal adalah Rp.26 Juta. Keputusan ini ditandatangani oleh Menteri Agama 2019-2020, Fachrul Razi pada 16 Desember 2020. Namun, biaya ini belum mencakup biaya karantina yang juga harus dibayarkan oleh jamaah. Berikut adalah informasi dan penjelasan lebih lanjut mengenai biaya umroh dan berapa dana yang dibutuhkan untuk memenuhi syaratnya.

Apa itu Biaya Umroh?

Biaya umroh adalah semua biaya yang dikeluarkan oleh jamaah untuk melakukan ibadah umroh. Biaya ini termasuk dalam biaya pengurusan visa, tiket pesawat, akomodasi, makanan, transportasi, dan biaya lain yang diperlukan untuk melakukan ibadah umroh.

Berapa Biaya Umroh Minimal yang Ditetapkan KMA?

Menteri Agama telah menetapkan acuan referensi biaya umroh minimal adalah sebesar Rp.26 Juta melalui Keputusan Menteri Agama (KMA) Nomor 777 Tahun 2020. Acuan biaya ini merupakan jumlah minimum yang harus dikeluarkan oleh jamaah untuk memenuhi semua syarat umroh.

Apa yang Termasuk dalam Biaya Umroh?

Biaya umroh meliputi berbagai biaya yang dikeluarkan oleh jamaah untuk melakukan ibadah umroh. Biaya tersebut meliputi:

BACA JUGA:   Wisata Umroh Terdaftar di Departemen Agama Tebing Tinggi

1. Biaya pengurusan visa,
2. Tiket pesawat,
3. Akomodasi,
4. Makanan,
5. Transportasi,
6. Biaya lainnya yang diperlukan untuk melakukan ibadah umroh.

Selain biaya-biaya tersebut, jamaah juga harus membayar biaya karantina.

Bagaimana Cara Mempersiapkan Biaya Umroh?

Untuk mempersiapkan biaya umroh, jamaah harus membuat rencana keuangan yang matang. Rencana ini harus berisi tentang berapa banyak uang yang akan dikeluarkan untuk membeli tiket pesawat, akomodasi, makanan, dan biaya lainnya.

Setelah itu, jamaah juga harus mempersiapkan dana untuk membayar visa dan biaya karantina. Selain itu, jamaah juga harus mempersiapkan uang saku yang cukup untuk memenuhi kebutuhan selama perjalanan.

Apa yang Harus Dilakukan Jika Biaya Umroh Melebihi Acuan Referensi?

Jika biaya umroh melebihi acuan referensi yang ditetapkan oleh Menteri Agama, jamaah harus membayar biaya tambahan. Biaya tambahan ini biasanya akan dikenakan biaya tambahan untuk akomodasi, makanan, transportasi, dan biaya lainnya.

Selain itu, jamaah juga harus memastikan bahwa jumlah uang yang dikeluarkan untuk memenuhi biaya umroh tetap berada di atas acuan referensi yang ditetapkan oleh Menteri Agama.

Apakah Ada Cara Lain untuk Mempersiapkan Biaya Umroh?

Selain mempersiapkan dana sendiri, jamaah juga bisa mempersiapkan biaya umroh dengan memanfaatkan bantuan dari berbagai lembaga. Beberapa lembaga yang mungkin dapat membantu jamaah dalam mempersiapkan biaya umroh adalah lembaga amil zakat, panti asuhan, dan komunitas sosial.

Selain itu, jamaah juga bisa mempersiapkan biaya umroh dengan memanfaatkan bantuan dari berbagai lembaga keuangan, seperti pembiayaan dan pinjaman.

Bagaimana Cara Memastikan Biaya Umroh Telah Dibayar?

Untuk memastikan bahwa biaya umroh telah dibayar secara tepat, jamaah harus melakukan pemeriksaan secara rutin. Pemeriksaan ini bisa dilakukan dengan memeriksa bukti pembayaran yang telah diberikan oleh travel agent dan menghubungi travel agent secara berkala untuk memastikan bahwa semua biaya telah dibayar.

BACA JUGA:   Daftar Travel Agen Umroh di Jakarta

Bagaimana Cara Memastikan Biaya Umroh Telah Dibayarkan Secara Benar?

Untuk memastikan bahwa biaya umroh telah dibayarkan secara benar, jamaah harus memeriksa bukti pembayaran yang telah diberikan oleh travel agent. Pemeriksaan ini bisa dilakukan dengan memeriksa semua item yang telah dibayarkan, termasuk visa, tiket pesawat, akomodasi, transportasi, dan biaya lainnya.

Selain itu, jamaah juga harus memastikan bahwa jumlah uang yang dikeluarkan untuk memenuhi biaya umroh tetap berada di atas acuan referensi yang ditetapkan oleh Menteri Agama.

Apakah Ada Cara Lain untuk Menghemat Biaya Umroh?

Untuk menghemat biaya umroh, jamaah bisa membeli tiket pesawat lebih awal. Membeli tiket pesawat lebih awal akan membantu jamaah dalam menghemat biaya umroh karena harga tiket pesawat biasanya akan lebih murah jika dibeli lebih awal.

Selain itu, jamaah juga bisa mencari akomodasi yang lebih murah atau mencari penawaran promo untuk mendapatkan harga yang lebih murah.

Apakah Ada Cara Lain untuk Menghemat Biaya Umroh?

Selain membeli tiket pesawat lebih awal, jamaah juga bisa mencari akomodasi yang lebih murah. Akomodasi yang lebih murah akan membantu jamaah dalam menghemat biaya umroh.

Selain itu, jamaah juga bisa mencari penawaran promo untuk mendapatkan harga yang lebih murah. Beberapa travel agent atau hotel juga mungkin menawarkan potongan harga bagi jamaah yang membayar biaya umroh sekaligus.

Kesimpulan

Dari informasi di atas, dapat disimpulkan bahwa biaya umroh minimal yang ditetapkan oleh Menteri Agama adalah Rp.26 Juta. Biaya ini belum termasuk biaya karantina. Untuk mempersiapkan biaya umroh, jamaah harus membuat rencana keuangan dan mempersiapkan dana untuk biaya visa dan karantina. Jika biaya umroh melebihi acuan referensi, jamaah harus membayar biaya tambahan. Untuk menghemat biaya umroh, jamaah bisa membeli tiket pesawat le

BACA JUGA:   Daftar Nama Perjalanan Umrah yang Terdaftar di Kemenag