Skip to content
Home ยป Berapa Hari Selama Ibadah Haji?

Berapa Hari Selama Ibadah Haji?

Haji merupakan rukun Islam yang wajib dilakukan oleh setiap Muslim yang mampu secara fisik dan finansial. Ibadah haji dilakukan di kota suci Mekkah dan sekitarnya. Kegiatan ini dilakukan selama beberapa hari, tetapi berapa hari selama ibadah haji?

Rangkaian Ibadah Haji

Ibadah haji dilakukan dalam beberapa tahap. Tahap pertama adalah ihram yang dimulai pada tanggal 8 Dzulhijjah. Pada tahap ini, haji mulai memakai pakaian ihram dan membaca niat haji. Selanjutnya, haji melakukan thawaf dan sa’i di sekitar Ka’bah.

Tahap kedua adalah wukuf di Arafah pada tanggal 9 Dzulhijjah. Pada saat wukuf, haji berdiri di padang Arafah dalam waktu yang cukup lama untuk memohon ampunan dan beribadah kepada Allah SWT.

Tahap ketiga adalah melempar jumrah pada tanggal 10-13 Dzulhijjah. Haji melempar jumrah sebagai simbol dari melempar setan yang menggoda manusia untuk berbuat dosa.

Tahap terakhir adalah tahallul, di mana haji melakukan hal-hal yang dilarang pada saat memakai pakaian ihram. Setelah itu, haji kembali ke Mekkah untuk melakukan thawaf wada’ sebelum pulang ke tanah air.

Berapa Hari Selama Ibadah Haji?

Ibadah haji dilakukan selama kurang lebih lima hari. Dimulai dari tanggal 8 Dzulhijjah hingga 12 Dzulhijjah. Namun, bagi haji yang ingin menambah pahala, dilakukan tambahan waktu hingga tanggal 13 Dzulhijjah.

Dalam kurun waktu tersebut, haji harus melakukan rangkaian ibadah seperti sudah dijelaskan di atas. Haji harus memperhatikan waktu yang digunakan dan harus dilaksanakan dengan sungguh-sungguh agar ibadah haji tersebut diterima di sisi Allah SWT.

Menjadi Haji yang Berkesan

Mengikuti rangkaian ibadah haji adalah tekanan yang besar. Namun, jika dilakukan dengan niat yang ikhlas dan tekad yang kuat, maka hajian akan merasakan keberkahan dalam kehidupannya.

BACA JUGA:   Tips Pelaksanaan Ibadah Haji yang Baik dan Benar

Sebagai seorang Muslim, kita harus menunjukkan rasa syukur kepada Allah SWT yang telah memberikan kesempatan kepada kita untuk menunaikan ibadah haji. Kita harus berusaha dengan sebaik-baiknya untuk selalu memperbaiki diri dan berperilaku baik.

Mungkin bisa menjadi motivasi bagi kita semua untuk selalu memperbaiki diri dan meningkatkan iman dan taqwa kepada Allah SWT.

Kesimpulan

Ibadah haji dilakukan selama kurang lebih lima hari, dimulai dari tanggal 8 hingga tanggal 12 Dzulhijjah. Namun, bagi yang ingin menambah pahala, bisa melaksanakan tambahan waktu hingga tanggal 13 Dzulhijjah.

Sebagai seorang haji, kita harus selalu berusaha dengan sebaik-baiknya untuk selalu memperbaiki diri dan meningkatkan iman dan taqwa kepada Allah SWT. Kita harus memperhatikan setiap rangkaian ibadah agar dapat diterima di sisi-Nya, sehingga menjadi haji yang berkesan dan bermanfaat bagi diri sendiri dan lingkungan sekitar.