Skip to content
Home » Berapa Kg Zakat Fitrah Beras yang Harus Dikeluarkan?

Berapa Kg Zakat Fitrah Beras yang Harus Dikeluarkan?

Zakat fitrah merupakan salah satu jenis zakat yang harus dikeluarkan oleh umat Muslim. Zakat ini harus dikeluarkan pada bulan Ramadan sebelum hari raya Idul Fitri. Zakat fitrah ini dikeluarkan sebagai wujud syukur atas nikmat bulan Ramadan dan sebagai ungkapan solidaritas terhadap kaum muslimin yang membutuhkan. Salah satu bentuk zakat fitrah yang sering dikeluarkan adalah beras. Lalu, berapa kg zakat fitrah beras yang harus dikeluarkan?

Berapa Kg Zakat Fitrah Beras yang Harus Dikeluarkan?

Menurut ulama, zakat fitrah yang harus dikeluarkan minimal sebesar nilai makanan pokok dari daerah setempat. Jika masyarakat setempat mengonsumsi beras sebagai makanan pokok, maka zakat fitrah dapat berupa beras. Sedangkan jika masyarakat setempat mengonsumsi gandum atau jagung sebagai makanan pokok, maka zakat fitrah dapat berupa gandum atau jagung.

Jumlah zakat fitrah yang harus dikeluarkan sebesar 2,5% dari berat badan setiap anggota keluarga yang wajib dikeluarkan zakat, termasuk bayi yang belum lahir. Berikut ini rumus perhitungan zakat fitrah yang harus dikeluarkan:

(Berat badan × 2,5%) = Jumlah zakat fitrah yang harus dikeluarkan

Sebagai contoh, jika seseorang memiliki berat badan 60 kg, maka zakat fitrah yang harus dikeluarkan adalah 1,5 kg beras. Jika seseorang memiliki anggota keluarga yang wajib dikeluarkan zakat fitrah sebanyak 5 orang termasuk dirinya sendiri, maka jumlah zakat fitrah yang harus dikeluarkan adalah 7,5 kg beras.

Mekanisme Pengiriman Zakat Fitrah Beras

Zakat fitrah berupa beras dapat dikirimkan langsung ke orang yang berhak mendapatkannya atau disalurkan melalui lembaga zakat. Bagi yang ingin mengirimkan zakat fitrah beras langsung, sebaiknya disertai dengan bungkusan atau wadah yang sesuai dengan ukuran zakat yang diberikan. Selain itu, juga sebaiknya dikirimkan dalam waktu yang masih cukup, agar sampai ke tangan yang berhak tepat pada waktunya.

BACA JUGA:   Berapa Zakat yang Harus Dikeluarkan untuk Sawah Tadah Hujan 1000kg?

Sedangkan jika ingin disalurkan melalui lembaga zakat, sebaiknya melihat daftar lembaga zakat yang terpercaya dan terdaftar di Kementerian Agama. Dalam hal ini, jumlah zakat yang diberikan dapat ditransfer ke rekening lembaga zakat yang dipilih. Lembaga zakat inilah yang kemudian akan menyalurkan zakat ke orang yang berhak menerimanya.

Kesimpulan

Zakat fitrah merupakan salah satu kewajiban yang harus dikeluarkan oleh umat Muslim pada bulan Ramadan sebelum hari raya Idul Fitri. Jumlah zakat fitrah yang harus dikeluarkan minimal sebesar nilai makanan pokok dari daerah setempat. Jika masyarakat setempat mengonsumsi beras sebagai makanan pokok, maka zakat fitrah dapat berupa beras. Jumlah zakat fitrah yang harus dikeluarkan sebesar 2,5% dari berat badan setiap anggota keluarga yang wajib dikeluarkan zakat, termasuk bayi yang belum lahir. Zakat fitrah berupa beras dapat dikirimkan langsung ke orang yang berhak menerimanya atau disalurkan melalui lembaga zakat yang terdaftar dan terpercaya. Jangan lupa untuk melaksanakan kewajiban ini dengan tepat waktu dan sesuai dengan tuntunan agama.