Skip to content
Home » Berapa Lama Ibadah Haji Dilaksanakan

Berapa Lama Ibadah Haji Dilaksanakan

Haji merupakan salah satu ibadah yang wajib dilaksanakan oleh setiap muslim yang mampu. Ibadah haji dilakukan dalam waktu tertentu setiap tahunnya, yaitu pada bulan Dhulhijjah pada kalender Hijriyah. Namun, berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk melaksanakan ibadah haji?

Mendapatkan Visa Haji

Pertama-tama, sebelum melaksanakan ibadah haji, jamaah harus mengurus visa haji terlebih dahulu. Proses pengurusan visa haji ini memakan waktu sekitar 2-3 bulan. Setelah visa haji didapatkan, jamaah bisa memulai perjalanan ke Tanah Suci.

Melakukan Tawaf

Setibanya di Tanah Suci, jamaah harus melakukan tawaf di sekitar Ka’bah sebagai bagian dari ibadah haji. Tawaf sendiri memakan waktu kurang lebih 2-3 jam tergantung dengan banyaknya jamaah yang ikut serta dalam ibadah tersebut.

Berada di Arafah

Setelah melaksanakan tawaf, jamaah harus menuju Arafah pada tanggal 9 Dzulhijjah. Di Arafah, jamaah akan melakukan ibadah wukuf yang memakan waktu sekitar 8 jam.

Menginap di Muzdalifah

Setelah melakukan wukuf di Arafah, jamaah harus menuju Muzdalifah untuk menginap semalam dan mengerjakan ibadah malam di sana. Menginap di Muzdalifah memakan waktu sekitar 8 jam.

Mencukur Rambut

Setelah menginap di Muzdalifah, jamaah akan kembali ke Mina untuk melaksanakan satu rukun haji lainnya yaitu mencukur rambut atau tahalul. Tahalul sendiri memakan waktu kurang lebih 2 jam.

Melakukan Tawaf Ifadhah

Setelah mencukur rambut, jamaah harus kembali ke Makkah untuk melakukan tawaf ifadhah. Tawaf Ifadhah sendiri memakan waktu kurang lebih 2-3 jam.

Mencari Batu di Mina

Setelah menunaikan tawaf ifadhah, jamaah harus menuju tempat yang bernama Mina untuk melakukan jumroh atau melempar jumrah. Proses jumroh sendiri memakan waktu sekirar 3-4 jam.

BACA JUGA:   TNI-Polri Silaturahmi Terhadap Warga yang Menunaikan Ibadah Haji

Menunaikan Salat Idul Adha

Setelah melakukan jumroh, jamaah akan menunaikan salat Idul Adha di Mina. Salat Idul Adha dilaksanakan sekitar pukul 7 pagi waktu setempat dan memakan waktu sekitar 2-3 jam.

Menunaikan Tawaf Wada

Setelah menunaikan salat Idul Adha, jamaah harus kembali ke Makkah untuk melakukan tawaf wada atau tawaf perpisahan. Tawaf wada ini memakan waktu kurang lebih 2-3 jam. Setelah melakukan tawaf wada, jamaah bisa pulang ke negaranya masing-masing.

Kesimpulan

Dari rangkaian acara di atas, dapat disimpulkan bahwa waktu yang dibutuhkan untuk melaksanakan ibadah haji adalah sekitar 7-9 hari. Namun, jamaah harus tetap memperhatikan kesehatan dan stamina agar bisa melaksanakan haji dengan lancar dan mendapatkan haji yang sah dan mabrur.