Skip to content
Home » Berapa Lama Tunggu dari Daftar sampai Berangkat Haji Reguler

Berapa Lama Tunggu dari Daftar sampai Berangkat Haji Reguler

Anda mungkin telah mendaftar untuk berangkat haji reguler, dan kini bertanya-tanya berapa lama waktu yang diperlukan sebelum Anda akhirnya memulai perjalanan suci ini. Proses menuju keberangkatan haji memang memakan waktu yang cukup lama, dan memerlukan kesabaran dan ketelitian.

Proses Pendaftaran

Proses pendaftaran untuk haji reguler biasanya dimulai setiap tahun pada bulan Januari. Namun, Anda harus memenuhi persyaratan yang telah ditetapkan oleh pemerintah dan panitia haji. Persyaratan ini termasuk sertifikat kesehatan yang valid, paspor yang masih berlaku, serta telah membayar biaya pendaftaran.

Setelah persyaratan terpenuhi, biasanya akan terjadi pengecekan dokumen dan verifikasi data yang memerlukan beberapa waktu. Semua calon jamaah haji secara resmi diumumkan pada akhir Mei atau awal Juni.

Penjadwalan Kedatangan

Setelah Anda dinyatakan lulus sebagai calon jamaah haji, panitia haji akan menentukan jadwal kedatangan Anda. Jadwal ini mungkin bervariasi tergantung pada ketersediaan penerbangan.

Tip: Jika Anda ingin mempercepat kedatangan Anda, sebaiknya daftar pada fase pendaftaran awal.

Training Haji

Sebelum keberangkatan, calon jamaah haji akan mengikuti serangkaian pelatihan atau training haji. Training ini akan memastikan Anda mengetahui tata cara dan praktik haji yang benar. Pelatihan biasanya dimulai pada bulan Agustus dan berlangsung selama sekitar dua bulan.

Setelah selesai training haji, Anda akan diberikan sertifikat yang memungkinkan Anda untuk menyelesaikan proses keberangkatan.

Keberangkatan

Setelah selesai pelatihan haji, saatnya untuk berangkat ke Tanah Suci. Jumlah jamaah haji yang berangkat setiap tahunnya dapat bervariasi tergantung pada ketersediaan hotel dan transportasi, serta aturan yang diberlakukan oleh pemerintah Saudi Arabia.

Setelah tiba di Mekah, ada beberapa persiapan yang harus dilakukan sebelum melakukan ibadah haji, seperti mencukur rambut, melakukan thawaf (mengelilingi Ka’bah), dan wukuf di Arafah.

BACA JUGA:   Kapan Waktu Daftar Haji yang Tepat?

Mulai dari pelatihan haji, hingga keberangkatan, dan akhirnya melakukan ibadah haji, memerlukan banyak kesabaran dan ketelitian. Anda harus memastikan untuk memenuhi semua persyaratan dan aturan, serta memperhatikan kesehatan dan keamanan.

Maka dari itu, perencanaan yang matang dan persiapan yang teratur sangat diperlukan agar Anda dapat menikmati dan mengambil manfaat dari seluruh tahapan keberangkatan haji.

Mari kita semua mendoakan agar kita semua bisa melaksanakan ibadah haji di Tanah Suci dengan selamat dan lancar.

Salam Ibadah Haji!