Skip to content
Home » Berapa Literkah Ukuran Zakat Fitrah?

Berapa Literkah Ukuran Zakat Fitrah?

Zakat fitrah adalah zakat yang wajib dikeluarkan oleh setiap muslim pada bulan Ramadhan. Zakat ini termasuk zakat yang harus dikeluarkan dengan cara memberikan makanan ke orang yang berhak menerima. Namun, berapa literkah ukuran zakat fitrah yang seharusnya dikeluarkan?

Pengertian Zakat Fitrah

Zakat fitrah merupakan bentuk zakat yang dikeluarkan pada bulan Ramadhan sesuai dengan syarat-syarat yang telah ditentukan dalam Islam. Zakat ini dikeluarkan oleh setiap muslim yang telah mencapai batas tertentu dan harus diberikan dalam bentuk bahan makanan pokok seperti beras, gandum, dan sebagainya.

Ukuran Zakat Fitrah

Ukuran zakat fitrah yang seharusnya dikeluarkan adalah 3 liter bahan makanan pokok per orang. Jadi, jika dalam satu keluarga terdiri dari 4 orang, maka ukuran zakat fitrah yang harus dikeluarkan adalah 12 liter bahan makanan pokok.

Namun,ukuran zakat fitrah dapat berbeda-beda tergantung dari jenis bahan makanan pokok yang digunakan sebagai zakat. Berikut adalah daftar ukuran zakat fitrah yang berlaku berdasarkan jenis bahan makanan pokok:

  1. Beras : 3 liter
  2. Gandum : 3 liter
  3. Ubi : 3 liter
  4. Jagung : 3 liter
  5. Kurma : 1 kilogram
  6. Kismis : 1 kilogram
  7. Kacang Hijau : 3 liter
  8. Kacang Tanah : 3 liter
  9. Bawang Merah : 3 kilogram
  10. Ikan : 1 ekor

Orang yang Berhak Menerima Zakat Fitrah

Orang yang berhak menerima zakat fitrah adalah golongan fakir miskin yang terdapat dalam masyarakat Muslim. Golongan fakir miskin tersebut harus diberi kesempatan untuk menikmati makanan yang layak dan bergizi pada hari raya Idul Fitri.

Penutup

Sekarang Anda sudah mengetahui berapa literkah ukuran zakat fitrah yang seharusnya dikeluarkan. Ingatlah bahwa zakat fitrah harus dikeluarkan sesuai dengan syarat-syarat yang telah ditentukan. Semoga artikel ini dapat membantu Anda untuk meningkatkan pengetahuan tentang zakat fitrah dan memberikan manfaat bagi Anda dan keluarga.

BACA JUGA:   Apa yang Dimaksud Waktu Takjil dalam Pelaksanaan Zakat Fitrah