Skip to content
Home » Berapa Minimal Emas yang Diberi Zakat

Berapa Minimal Emas yang Diberi Zakat

Apa itu Zakat?

Zakat adalah salah satu dari lima rukun Islam yang wajib dikerjakan oleh setiap muslim yang memiliki harta yang melebihi nisab dan telah mencapai haul. Zakat merupakan ibadah yang berfungsi sebagai sarana untuk membersihkan harta yang dimiliki oleh seseorang dari segala macam sifat berlebihan seperti keserakahan dan keegoisan serta untuk meringankan beban orang yang kurang mampu.

Apa itu Emas?

Emas merupakan salah satu jenis logam mulia yang biasanya digunakan sebagai salah satu bentuk investasi. Emas juga sering digunakan sebagai perhiasan dan benda bernilai artistik.

Berapa Minimal Emas yang Harus Dikeluarkan untuk Zakat?

Berapa minimal nilai emas yang harus dikeluarkan untuk zakat? Menurut Ulama, nisab emas adalah 85 gram emas murni. Artinya, apabila seseorang memiliki emas sebanyak 85 gram atau lebih, ia wajib membayar zakat. Adapun jumlah zakat yang harus dikeluarkan adalah 2,5% dari nilai total emas yang dimilikinya.

Bagaimana Cara Menghitung Zakat Emas?

Sebagai contoh, jika seseorang memiliki 100 gram emas, maka ia harus membayar zakat sebesar 100 x 2,5% = 2,5 gram emas. Namun, apabila seseorang tidak memiliki uang tunai untuk membayar zakat dengan emas yang dimilikinya, maka ia dapat mengunakan uang tunai untuk membayar zakatnya.

Kesimpulan

Dalam Islam, zakat adalah ibadah yang wajib dilaksanakan oleh setiap muslim yang memiliki harta yang melebihi nisab dan telah mencapai haul. Nisab emas adalah 85 gram emas murni, dan zakat yang harus dikeluarkan adalah 2,5% dari nilai total emas yang dimiliki. Apabila seseorang tidak memiliki uang tunai untuk membayar zakat dengan emas yang dimilikinya, maka ia dapat mengunakan uang tunai untuk membayar zakatnya. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat meningkatkan pengetahuan dan kesadaran akan pentingnya membayar zakat dalam kehidupan sehari-hari.

BACA JUGA:   Apakah Saham Perlu Dizakatkan?