Skip to content
Home » Berapa Nilai Zakat Fitrah 2019?

Berapa Nilai Zakat Fitrah 2019?

Zakat fitrah adalah zakat yang dibayarkan oleh setiap orang muslim yang mampu menjelang hari raya Idul Fitri. Zakat fitrah merupakan bentuk ibadah yang harus dilakukan oleh setiap umat muslim. Namun, ada beberapa pertanyaan yang sering muncul seputar zakat fitrah, salah satunya adalah berapa nilai zakat fitrah 2019?

Apa itu Zakat Fitrah?

Zakat fitrah adalah zakat yang wajib dikeluarkan oleh setiap orang muslim yang mampu. Zakat fitrah dikeluarkan pada malam atau pagi Idul Fitri. Zakat fitrah memiliki beberapa hikmah yang sangat penting, antara lain:

  • Menghilangkan kekurangan dan kelemahan pada orang-orang yang berpuasa.
  • Menjadi bentuk persahabatan dan kerjasama antara sesama umat muslim.
  • Membantu orang yang membutuhkan.
  • Menjadi sarana untuk membersihkan harta dari hal-hal yang tidak halal.

Berapa Nilai Zakat Fitrah 2019?

Nilai zakat fitrah 2019 ditentukan oleh pemerintah dan lembaga yang berwenang. Berdasarkan pengumuman dari Kementerian Agama, nilai zakat fitrah 2019 adalah Rp 25.000 per orang. Artinya, setiap orang muslim yang mampu diwajibkan untuk mengeluarkan zakat sebesar Rp 25.000 pada malam atau pagi Idul Fitri.

Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam menentukan nilai zakat fitrah. Misalnya, jika di suatu daerah harga beras lebih mahal dari Rp 25.000 per kilogram, maka harga beras tersebut yang harus dijadikan patokan untuk menentukan nilai zakat fitrah.

Bagaimana Cara Mengeluarkan Zakat Fitrah?

Mengeluarkan zakat fitrah bisa dilakukan dengan berbagai cara. Beberapa cara yang bisa dilakukan antara lain:

  • Membayar langsung ke lembaga atau masjid yang telah ditunjuk oleh pemerintah atau lembaga yang berwenang.
  • Langsung menyerahkan zakat fitrah kepada mustahik yang membutuhkan.
  • Memberikan uang yang sesuai dengan nilai zakat fitrah ke yayasan atau badan amal yang terpercaya untuk didistribusikan kepada mustahik.
BACA JUGA:   Kapan Kita Harus Mengeluarkan Zakat Fitrah

Namun, cara mengeluarkan zakat fitrah harus dilakukan dengan penuh keikhlasan dan hati yang ikhlas. Selain itu, pengeluaran zakat fitrah harus dilakukan dengan cara yang benar dan sesuai dengan aturan yang telah ditetapkan.

Kesimpulan

Zakat fitrah adalah zakat yang wajib dikeluarkan oleh setiap muslim yang mampu. Nilai zakat fitrah 2019 ditentukan oleh pemerintah dan lembaga yang berwenang. Nilai zakat fitrah 2019 adalah Rp 25.000 per orang. Untuk mengeluarkan zakat fitrah, bisa dilakukan dengan berbagai cara sesuai dengan aturan yang telah ditetapkan. Mari kita selalu mengeluarkan zakat fitrah dengan penuh keikhlasan dan hati yang ikhlas untuk membantu sesama umat muslim yang membutuhkan.