Skip to content
Home » Berapa Nisab Gaji Penghasilan Zakat Mal?

Berapa Nisab Gaji Penghasilan Zakat Mal?

Zakat mal adalah zakat yang dikeluarkan atas harta yang dimiliki seseorang setelah mencapai nisab. Nisab adalah batas minimum kekayaan yang harus dipenuhi agar seseorang wajib membayar zakat. Jumlah nisab pada zakat mal ditentukan oleh harta yang dimiliki dan jenis harta yang dimiliki.

Ada beberapa jenis harta yang dihitung untuk menentukan nisab zakat mal, di antaranya adalah:

  1. Emas dan perak: Nisab zakat mal emas adalah 85 gram emas, sedangkan nisab zakat mal perak adalah 595 gram perak. Jumlah ini akan berubah apabila nilai mata uang berubah.

  2. Uang tunai: Nisab zakat mal untuk uang tunai dapat dihitung dengan mengalikan nisab zakat mal emas dengan harga emas saat ini.

  3. Barang dagangan: Nisab zakat mal untuk barang dagangan dapat ditentukan dengan menghitung keuntungan yang diperoleh dari penjualan barang selama satu tahun penuh.

  4. Properti: Nisab zakat mal untuk properti dapat ditentukan dengan menghitung nilai properti tersebut.

  5. Saham: Nisab zakat mal untuk saham dapat ditentukan dengan menghitung nilai total saham yang dimiliki.

Setelah mengetahui jenis harta yang harus dihitung, maka selanjutnya adalah mengetahui berapa nisab gaji penghasilan zakat mal. Nisab gaji penghasilan zakat mal ditentukan oleh penghasilan yang diterima selama satu tahun. Jumlah penghasilan ini akan dipotong dengan kebutuhan pokok hidup yang harus dipenuhi.

Menurut MUI (Majelis Ulama Indonesia), nisab zakat mal untuk gaji penghasilan adalah 423 kg beras per tahun. Artinya, seseorang yang memiliki penghasilan sebesar nisab zakat mal harus membayar zakat sebanyak 2,5% dari jumlah harta yang dimilikinya.

Misalnya, seseorang memiliki penghasilan sebesar 100 juta dalam satu tahun. Maka nisab zakat mal yang harus dihitung adalah 423 kg beras. Apabila nisab tersebut terpenuhi, maka seseorang wajib membayar zakat sebesar 2,5% dari jumlah harta yang dimilikinya.

BACA JUGA:   Siapa yang Berhak Menerima Zakat Fitrah?

Namun, jika penghasilan seseorang tidak sampai mencapai nisab zakat mal, maka dia tidak wajib membayar zakat mal. Namun dia tetap diwajibkan untuk berzakat pada jenis zakat yang lain, seperti zakat fitrah, zakat hewan ternak, atau zakat lainnya.

Dalam Islam, zakat adalah salah satu kewajiban yang harus dipenuhi oleh setiap muslim yang sudah memenuhi syarat. Zakat dibayar untuk membantu saudara muslim yang membutuhkan dan sebagai sarana untuk membersihkan harta dari sifat keserakahan dan keangkuhan.

Dalam menentukan nisab zakat mal, seseorang harus cermat dan teliti, karena nisab yang tidak terpenuhi akan membuat zakat yang dibayarkan tidak sah dan tidak diterima oleh Allah. Oleh karena itu, sebelum membayar zakat mal, pastikan bahwa nisab telah terpenuhi dan jangan mengabaikan kewajiban zakat lainnya yang juga harus dipenuhi.

Demikianlah artikel tentang berapa nisab gaji penghasilan zakat mal. Semoga artikel ini dapat memberikan pengertian yang jelas tentang nisab zakat mal dan dapat memudahkan kita dalam membayar zakat dengan benar dan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.