Skip to content
Home » Berapa Nisab Zakat Emas Brainly – Panduan Lengkap Zakat Emas

Berapa Nisab Zakat Emas Brainly – Panduan Lengkap Zakat Emas

Berapa Nisab Zakat Emas Brainly – Panduan Lengkap Zakat Emas

Zakat adalah rukun Islam yang keempat setelah syahadat, shalat, dan puasa. Zakat dalam bahasa Arab berarti "tumbuh" atau "bertumbuh". Dalam konteks zakat, istilah ini mengacu pada adanya penambahan harta dalam rentang waktu tertentu. Harta yang dimaksud di sini bisa berupa uang, emas, atau sumber kekayaan yang lain.

Dalam zakat emas, yang dihitung adalah jumlah emas yang dimiliki.

Apa itu Nisab?

Nisab adalah ukuran minimal untuk zakat emas. Jika jumlah emas yang dimiliki kurang dari nisab, maka tidak wajib dikeluarkan zakatnya. Dalam zakat emas, nisabnya adalah 85 gram.

Bagaimana Cara Menghitung Zakat Emas?

Ada dua cara menghitung zakat emas, yaitu:

1. Menghitung dengan Persentase 2,5%

Cara ini merupakan cara yang paling mudah dan paling umum digunakan. Zakat emas yang wajib dikeluarkan adalah sebesar 2,5% dari total jumlah emas yang dimiliki setelah mencapai nisab.

Contoh:
Jika jumlah emas yang dimiliki sebesar 100 gram, maka zakat yang harus dikeluarkan adalah 100 x 2,5% = 2,5 gram.

2. Menghitung dengan Harga Emas

Cara kedua ini memperhitungkan harga emas saat ini. Setiap gram emas diberi harga sesuai dengan harga emas yang berlaku di pasar saat itu. Kemudian, total harga emas yang dimiliki dikalikan dengan 2,5%.

Contoh:
Jika harga 1 gram emas saat ini adalah Rp 900.000 dan jumlah emas yang dimiliki sebesar 100 gram, maka jumlah zakat yang harus dikeluarkan adalah 100 x Rp 900.000 x 2,5% = Rp 2.250.000.

BACA JUGA:   Apa yang Dimaksud dengan Zakat Pertanian

Kapan Zakat Emas Harus Dikeluarkan?

Zakat emas harus dikeluarkan setelah emas yang dimiliki mencapai nisab, dan setelah mencapai satu tahun hijriah (354 hari) sejak dimiliki.

Siapa yang Wajib Membayar Zakat Emas?

Semua muslim yang memiliki emas seberat 85 gram atau lebih wajib membayar zakat emas. Zakat emas tidak hanya wajib dikeluarkan oleh orang yang berpindah harta dari satu bentuk ke bentuk lain, tetapi juga harus dikeluarkan oleh yang menerima warisan atau hadiah.

Kesimpulan

Zakat emas adalah zakat yang dikeluarkan dari harta berupa emas yang dimiliki selama setahun hijriah dengan membayar sebesar 2,5% dari jumlah yang terkumpul. Nisabnya adalah 85 gram emas. Zakat emas harus dikeluarkan setelah mencapai satu tahun hijriah sejak emas tersebut dimiliki. Semua muslim yang memiliki emas seberat 85 gram atau lebih wajib membayar zakat emas.

Mengetahui berapa nisab zakat emas sangat penting agar dapat memperhitungkan jumlah zakat yang harus dikeluarkan. Yuk, jangan tunda lagi untuk memperhitungkan dan membayar zakat emas kita!