Skip to content
Home » Berapa Nisab Zakat Hewan Ternak?

Berapa Nisab Zakat Hewan Ternak?

Apakah Anda tahu berapa nisab zakat hewan ternak? Dalam agama Islam, zakat merupakan kewajiban bagi setiap muslim yang mampu untuk memberikan sebagian harta mereka kepada yang membutuhkan. Nah, salah satu bentuk zakat yang dikenal adalah zakat hewan ternak.

Zakat hewan ternak adalah zakat yang diperuntukkan untuk hewan ternak seperti sapi, kambing, domba, dan unta. Besarnya zakat hewan ternak dikelompokkan berdasarkan jenis hewan ternak yang dipunyai dan jumlahnya. Nisab zakat hewan ternak sendiri tergantung pada jenis hewan yang dipelihara.

Nisab Zakat Sapi

Bagi pemilik sapi, nisab zakat sapi yang harus dikeluarkan adalah dua puluh ekor sapi. Artinya, jika seseorang mempunyai sapi kurang dari jumlah tersebut, maka dia tidak wajib memberikan zakat sapi.

Namun jika seseorang mempunyai sapi lebih dari dua puluh ekor, maka dia wajib memberikan zakat sapi sebesar 2,5 persen dari hasil produksi sapi selama setahun. Produksi sapi tersebut meliputi susu, keturunan, dan hasil jual di saat kurban.

Nisab Zakat Kambing/Domba

Untuk hewan ternak jenis kambing/domba, nisab zakatnya adalah sebanyak empat puluh ekor. Artinya, jika seseorang memiliki kambing/domba kurang dari jumlah tersebut, maka dia tidak wajib memberikan zakat kambing/domba.

Namun jika seseorang mempunyai kambing/domba lebih dari empat puluh ekor, maka dia wajib memberikan zakat sebesar 2,5 persen dari hasil produksi setahunnya. Produksi domba/kambing meliputi susu, keturunan, dan hasil penjualan.

Nisab Zakat Unta

Bagi pemilik unta, nisab zakat unta adalah lima ekor unta. Artinya, jika seseorang memiliki unta kurang dari jumlah tersebut, maka dia tidak wajib memberikan zakat unta.

BACA JUGA:   Yang Berhak Menerima Zakat Mal

Namun jika seseorang mempunyai unta lebih dari lima ekor, maka dia wajib memberikan zakat sebesar 2,5 persen dari hasil produksi setahunnya. Produksi unta meliputi susu, keturunan, dan hasil jual saat kurban.

Kesimpulan

Setiap muslim yang memiliki hewan ternak wajib melaksanakan zakat hewan ternak. Besarnya nisab zakat hewan ternak berbeda-beda tergantung pada jenis hewan ternak yang dipelihara. Dalam menentukan nisab zakat hewan ternak, perlu diperhatikan jumlah ternak milik seseorang yang seimbang dengan kebutuhan. Sebagai Muslim yang baik, kita harus peka terhadap besarnya nisab zakat hewan ternak dan melaksanakannya dengan baik. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda.