Skip to content
Home » Berapa Persen Dikurangi Pajak Kalau Kita Berzakat di Baznas?

Berapa Persen Dikurangi Pajak Kalau Kita Berzakat di Baznas?

Apakah kamu tahu bahwa zakat adalah salah satu amalan yang sangat penting di dalam Islam? Zakat sendiri adalah pembayaran sebagian harta yang dipunyai oleh umat Muslim. Ketika seseorang memenuhi syarat untuk membayar zakat, maka ia diwajibkan untuk membayar sebagian harta yang ia miliki. Nah, kali ini kita akan membahas mengenai berapa persen pajak yang bisa dikurangi apabila kita berzakat di Baznas. Simak pembahasannya di bawah ini.

Apa Itu Baznas?

Baznas atau Badan Amil Zakat Nasional adalah lembaga yang diamanatkan untuk menghimpun zakat, infak, dan sedekah dari masyarakat. Baznas bertujuan untuk meningkatkan kualitas implementasi zakat nasional agar dapat memberikan manfaat yang optimal bagi masyarakat. Jadi, ketika kamu ingin membayar zakat, kamu bisa membayarnya melalui Baznas.

Bagaimana Cara Menghitung Pajak yang Bisa Dikurangi Jika Kita Berzakat di Baznas?

Pertama-tama, kamu perlu mengetahui bahwa pengurangan pajak yang bisa didapatkan apabila kita berzakat di Baznas berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 46 Tahun 2013. Berikut adalah rumus penghitungannya:

Pengurang Pajak = Besarnya Zakat atau Infak yang Dikeluarkan x 25%

Contohnya, jika kamu membayar zakat senilai Rp 10 juta melalui Baznas, maka kamu bisa mendapatkan pengurangan pajak senilai Rp 2,5 juta. Sehingga pajak yang seharusnya kamu keluarkan senilai Rp 10 juta, menjadi Rp 7,5 juta.

Keuntungan Berzakat di Baznas

Berzakat melalui Baznas memiliki beberapa keuntungan, seperti:

  1. Mendapatkan pengurangan pajak yang bisa menguntungkan. Seperti yang sudah dibahas sebelumnya bahwa kita bisa mendapatkan potongan pajak yang cukup besar ketika berzakat melalui Baznas.
  2. Memudahkan proses pembayaran zakat. Dengan membayar zakat melalui Baznas, maka prosesnya menjadi lebih mudah dan cepat. Kita tidak perlu repot-repot lagi dalam mencari tempat untuk membayar zakat.
  3. Meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Baznas memiliki program-program yang bermanfaat untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui pengelolaan zakat yang transparan dan profesional.
BACA JUGA:   Berapa Besar Porsi Distribusi Zakat ke Sektor Produktif di Malaysia?

Bagaimana Cara Berzakat Melalui Baznas?

Jika kamu ingin berzakat melalui Baznas, kamu bisa melakukannya dengan beberapa cara, seperti:

  1. Melalui website resmi Baznas.
  2. Mengunjungi kantor Baznas terdekat di daerah kamu.
  3. Membayar melalui bank-bank yang bekerjasama dengan Baznas.
  4. Membayar melalui aplikasi mobile Baznas yang bisa diunduh di smartphone.

Nah, itulah tadi pembahasan mengenai berapa persen pajak yang bisa dikurangi apabila kita berzakat di Baznas. Dengan membayar zakat melalui Baznas, kita bukan hanya mendapatkan pengurangan pajak, tapi juga ikut mengambil bagian dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar. Jadi, yuk berzakat melalui Baznas!