Skip to content
Home » Berapa Persen Pendapatan Buat Zakat?

Berapa Persen Pendapatan Buat Zakat?

Pengertian zakat bagi umat muslim merupakan salah satu rukun Islam yang wajib dilakukan. Zakat memiliki makna memberikan sebagian hartanya atau kekayaannya untuk disalurkan pada orang yang membutuhkan, sesuai dengan apa yang telah ditentukan oleh agama Islam. Zakat juga dapat memberikan manfaat sosial yang besar bagi masyarakat, terutama bagi mereka yang berada dalam kondisi kurang mampu.

Namun, seringkali muncul pertanyaan: "Berapa persen pendapatan yang harus dikeluarkan untuk zakat?" Pertanyaan ini kadang membuat bingung bagi sebagian umat muslim. Oleh karena itu, dalam artikel ini akan kami jelaskan mengenai berapa persen pendapatan yang harus dikeluarkan untuk zakat.

Kewajiban Zakat

Sebelum membahas mengenai besarnya nisab zakat dan persen yang harus dikeluarkan, perlu ditekankan kembali bahwa zakat merupakan kewajiban bagi setiap muslim yang telah memenuhi syarat dan ketentuan tertentu.

Zakat merupakan satu dari lima rukun Islam, yang harus dilakukan bagi mereka yang memiliki harta yang cukup (nisab) dan telah berlalu satu tahun hijriyah. Setiap muslim diwajibkan untuk mengeluarkan zakat yang telah ditentukan oleh agama Islam.

Besarnya Nisab Zakat

Nisab zakat adalah jumlah harta yang dimiliki oleh seseorang dan telah mencapai limit tertentu sehingga wajib dikeluarkan zakat. Jumlah nisab zakat ditentukan berdasarkan nilai rata-rata emas murni dalam satu tahun hijriyah. Sehingga nilai nisab zakat tersebut berkaitan erat dengan nilai emas saat ini.

Menurut Fatwa Dewan Syariah Nasional No. 80/DSN-MUI/VI/2012, besarnya nisab zakat untuk emas adalah 85 gram dan untuk perak adalah 595 gram. Artinya, apabila jumlah harta yang dimiliki telah melebihi nisab, maka harus dikeluarkan zakat sesuai dengan persentase yang telah ditetapkan.

BACA JUGA:   Meningkatkan Kualitas Tulisan: Kunci Sukses Menjadi Penulis SEO dan Copywriter Profesional

Persentase Zakat

Setelah mengetahui nisab zakat, kemudian harus diketahui besar persentase yang harus dikeluarkan untuk zakat. Persentase zakat secara umum adalah 2,5%. Berikut adalah penjelasannya.

Zakat Emas

Jika harta yang dimiliki dalam bentuk emas, maka persentase zakat yang harus dikeluarkan adalah 2,5%. Misalnya, jika seseorang memiliki harta emas sebanyak 100 gram, maka besar zakatnya adalah 2,5 gram emas.

Zakat Uang

Jika harta yang dimiliki berupa uang atau tabungan di bank, maka persentase zakat yang harus dikeluarkan tetap 2,5%. Perhitungannya adalah dengan menghitung jumlah uang atau tabungan yang dimiliki pada saat pelaksanaan zakat.

Zakat Properti

Untuk zakat properti, besarnya zakat tergantung pada jenis properti dan jumlahnya. Secara umum, persentase zakat untuk properti adalah 2,5% dari keuntungan/profit yang didapatkan setelah dikurangi biaya-biaya tertentu.

Kesimpulan

Berdasarkan penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa besarnya nisab zakat untuk emas adalah 85 gram dan untuk perak adalah 595 gram. Sedangkan persentase zakat yang harus dikeluarkan adalah 2,5% dari total harta yang dimiliki. Oleh karena itu, setiap umat muslim wajib mengeluarkan zakat sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan.

Maka, bagi yang memiliki harta yang memenuhi syarat zakat, segera keluarkan zakat anda. Semoga tulisan ini bermanfaat untuk melipatgandakan kebaikan kita, seluruh umat muslim.