Skip to content
Home » Berapa Rupiah Zakat Fitrah Tahun Ini?

Berapa Rupiah Zakat Fitrah Tahun Ini?

Berapa Rupiah Zakat Fitrah Tahun Ini?

Bulan suci Ramadhan telah usai dan kini kita memasuki hari raya Idul Fitri. Tak lengkap rasanya jika tidak memberikan zakat fitrah sebelum melaksanakan shalat Idul Fitri. Namun, pertanyaan yang sering muncul adalah "Berapa rupiah zakat fitrah tahun ini?"

Pembayaran zakat fitrah memang wajib dilakukan oleh setiap muslim yang sudah mampu. Zakat fitrah sendiri adalah zakat yang dikeluarkan seorang muslim sebagai tanda syukur atas berkah dan nikmat yang diberikan oleh Allah SWT selama bulan Ramadhan.

Berapa rupiah zakat fitrah tahun ini?

Setiap tahun, Kementrian Agama Republik Indonesia menetapkan besaran zakat fitrah yang harus dibayarkan oleh setiap muslim. Besaran zakat fitrah ini ditentukan berdasarkan harga bahan pokok yang berlaku di masyarakat pada saat itu.

Untuk tahun 2021, harga bahan pokok yang menjadi acuan adalah beras seharga Rp. 12.890 per kilogram. Berdasarkan harga tersebut, MUI (Majelis Ulama Indonesia) menetapkan besarnya zakat fitrah tahun ini sebesar Rp. 25.000 per orang.

Namun, nilai zakat fitrah bisa berbeda-beda tergantung daerah tempat tinggal kita. Misalnya dalam daftar harga bahan pokok DKI Jakarta, harga beras yang dijadikan acuan adalah Rp. 14.000 per kilogram dengan nilai zakat fitrah sebesar Rp. 28.000 per orang.

Keutamaan membayar zakat fitrah

Membayar zakat fitrah memiliki banyak sekali keutamaan. Pertama-tama, membayar zakat fitrah dapat membersihkan diri dari dosa dan kesalahan selama bulan Ramadhan. Selain itu, zakat fitrah juga diharapkan dapat menjadi bantuan bagi yang lebih membutuhkan. Dengan membayar zakat fitrah, kita dapat membantu meringankan beban orang-orang yang kurang mampu di sekitar kita.

BACA JUGA:   Dari Mana Sajakah Sumber Dana Zakat, Sodakoh, dan Wakaf Diperoleh?

Cara membayar zakat fitrah

Ada dua cara yang dapat dilakukan dalam pembayaran zakat fitrah, yaitu secara tunai atau non tunai. Pembayaran secara tunai dapat dilakukan dengan mendatangi mesjid atau lembaga zakat terdekat. Sementara itu, pembayaran non tunai dapat dilakukan melalui ATM, mobile banking, atau internet banking di lembaga zakat yang ditentukan.

Kesimpulan

Berdasarkan harga bahan pokok yang berlaku di masyarakat, zakat fitrah tahun ini ditetapkan sebesar Rp. 25.000 per orang. Namun, nilai zakat fitrah bisa berbeda tergantung daerah tempat tinggal. Membayar zakat fitrah memiliki banyak keuntungan, di antaranya membersihkan diri dari dosa dan kesalahan selama bulan Ramadhan serta membantu meringankan beban orang-orang yang membutuhkan. Pembayaran zakat fitrah dapat dilakukan secara tunai atau non tunai. Oleh karena itu, jangan lupa untuk membayar zakat fitrah sebelum melaksanakan shalat Idul Fitri ya.