Skip to content
Home » Berapa Uang yang Harus Dibayar untuk Zakat Mal?

Berapa Uang yang Harus Dibayar untuk Zakat Mal?

Banyak orang yang bertanya-tanya, berapa uang yang harus dibayar untuk zakat mal? Zakat mal adalah zakat yang dikeluarkan oleh setiap muslim yang telah mencapai nisab, yakni kekayaan yang telah mencapai batas tertentu. Zakat ini dikeluarkan sebagai bentuk kepedulian terhadap sesama dan sebagai wujud rasa syukur atas nikmat yang Allah berikan.

Nisab Zakat Mal

Nisab zakat mal tergantung pada jenis kekayaan yang dimiliki. Jika kekayaannya berupa emas, maka nisabnya adalah 85 gram emas. Sedangkan jika kekayaan yang dimiliki berupa perak, maka nisabnya adalah 595 gram perak. Dalam penghitungan zakat, biasanya menggunakan harga pasar saat itu untuk mengkonversi nilai emas atau perak sesuai dengan mata uang yang digunakan.

Besaran Zakat Mal

Besaran zakat mal adalah 2,5% dari kekayaan yang telah mencapai nisab. Ini berarti bahwa jika seseorang memiliki kekayaan yang mencapai nisab, maka ia harus membayar zakat sebesar 2,5% dari kekayaan tersebut.

Contoh Perhitungan Zakat Mal

Sebagai contoh, jika seseorang memiliki 170 gram emas dan harga pasar emas saat itu adalah Rp900.000 per gram, maka nilai kekayaannya adalah 170 x 900.000 = Rp153.000.000. Karena nilai kekayaannya telah mencapai nisab, maka ia harus membayar zakat mal sebesar 2,5% x Rp153.000.000 = Rp3.825.000.

Namun jika seseorang memiliki kekayaan yang mencapai nisab, namun tidak mencapai setahun, maka ia tidak diwajibkan membayar zakat. Sebagai contoh, seseorang memiliki 85 gram emas dan harga pasar emas saat itu adalah Rp900.000 per gram. Maka nilai kekayaannya adalah 85 x 900.000 = Rp76.500.000, namun karena belum mencapai setahun, maka ia tidak perlu membayar zakat.

BACA JUGA:   Bagaimana Bunyi Firman Allah yang Membahas tentang Zakat

Kesimpulan

Jadi, berapa uang yang harus dibayar untuk zakat mal? Zakat mal harus dibayar sebesar 2,5% dari kekayaan yang telah mencapai nisab. Nisab zakat mal tergantung pada jenis kekayaan yang dimiliki dan biasanya menggunakan harga pasar saat itu untuk mengkonversi nilai emas atau perak sesuai dengan mata uang yang digunakan. Penting untuk diingat bahwa zakat mal dikeluarkan sebagai bentuk kepedulian terhadap sesama dan sebagai wujud rasa syukur atas nikmat yang Allah berikan.