Skip to content
Home » Berapa Unta yang Wajib Dizakati?

Berapa Unta yang Wajib Dizakati?

Unta adalah salah satu hewan yang sering dijadikan bahan diskusi terkait zakat. Sebagai umat muslim yang mempunyai kewajiban dalam berzakat, tentunya mulai mencari informasi tentang seberapa banyak unta yang wajib dizakati. Sebelum lebih jauh membahas mengenai hal tersebut, mari kita pahami terlebih dahulu apa itu zakat.

Apa Itu Zakat?

Zakat adalah kewajiban keagamaan bagi umat muslim. Zakat artinya membersihkan, dan secara spesifik zakat berarti membersihkan harta dengan menyerahkan sebagian hartanya kepada orang yang berhak menerimanya. Zakat terdiri dari dua jenis yaitu zakat fitrah dan zakat mal.

Zakat Fitrah

Zakat fitrah adalah zakat yang wajib dikeluarkan oleh umat muslim yang mampu pada saat menjelang lebaran. Besar zakat fitrah ditetapkan oleh pemerintah setelah mempertimbangkan berbagai faktor seperti harga bahan makanan pokok dan kondisi ekonomi masyarakat.

Zakat Mal

Zakat mal adalah zakat yang dikeluarkan dari harta kekayaan. Zakat mal hanya wajib dikeluarkan oleh orang yang memiliki harta atau kekayaan melebihi nisab. Nisab adalah besarnya harta yang harus dimiliki oleh seseorang untuk wajib membayar zakat. Besar nisab zakat mal ditetapkan sesuai dengan harga emas murni saat ini.

Berapa Banyak Unta yang Harus Dizakati?

Berdasarkan salah satu hadits nabi, dinyatakan bahwa unta yang wajib dizakati minimal sebanyak 5 ekor. Artinya jika seseorang memiliki lebih sedikit dari 5 ekor unta, ia tidak perlu membayar zakat atas unta tersebut.

Namun, apabila seseorang memiliki 5 ekor unta atau lebih, ia harus membayar zakat atas unta tersebut. Besar zakat yang harus dikeluarkan tergantung pada jenis unta yang dimiliki dan umur unta tersebut.

BACA JUGA:   Apa Yang Dimaksud Zakat Pertanian: Panduan Lengkap untuk Pemula

Berikut adalah perhitungan zakat untuk beberapa jenis unta:

  1. Unta betina yang berumur 1 tahun: 1 ekor unta
  2. Unta betina yang berumur 2 tahun: 2 ekor unta
  3. Unta betina yang berumur 3 tahun: 3 ekor unta
  4. Unta betina yang berumur 4 tahun: 4 ekor unta
  5. Unta betina yang berumur 5 tahun atau lebih: 1 ekor unta setiap 5 ekor unta

Hal tersebut di atas adalah perhitungan zakat untuk unta betina. Sedangkan untuk unta jantan, besarnya zakat sama dengan unta betina berumur 1 tahun.

Kesimpulan

Dalam agama Islam, zakat merupakan salah satu kewajiban yang harus dipenuhi oleh umat muslim. Zakat terdiri dari zakat fitrah dan zakat mal. Zakat mal baru wajib dikeluarkan apabila seseorang memiliki harta melebihi nisab. Berdasarkan hadits nabi, unta yang wajib dizakati minimal sebanyak 5 ekor. Jika seseorang memiliki 5 ekor atau lebih, ia harus membayar zakat atas unta tersebut dengan besaran yang berbeda-beda tergantung pada jenis dan umur unta tersebut.

Maka, sudah jelas bahwa bagi umat muslim yang memiliki unta memang memiliki kewajiban untuk membayar zakat ditambah lagi besarnya zakat tersebut berbeda-beda tergantung pada jenis dan umur unta yang dimiliki. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan memberikan wawasan bagi pembaca.