Skip to content
Home » Berapa Zakat Fitrah 1440 H: Semua yang Perlu Anda Ketahui!

Berapa Zakat Fitrah 1440 H: Semua yang Perlu Anda Ketahui!

Pengertian zakat fitrah sudah tidak asing lagi bagi umat muslim. Zakat fitrah adalah zakat yang wajib dikeluarkan oleh setiap muslim yang mampu pada saat Idul Fitri tiba. Zakat fitrah berfungsi sebagai kewajiban sosial dan juga sebagai sarana untuk membersihkan harta dari segala bentuk dosa dan kekurangan.

Namun, salah satu pertanyaan yang sering muncul saat Idul Fitri mendekati adalah: berapa zakat fitrah 1440 H yang harus dikeluarkan? Artikel ini akan membahas segala hal yang perlu Anda ketahui tentang zakat fitrah 1440 H.

1. Tabel Zakat Fitrah 1440 H

Zakat fitrah 1440 H dihitung berdasarkan harga beras atau bahan makanan pokok yang dikonsumsi sehari-hari. Berikut adalah tabel zakat fitrah 1440 H yang dapat Anda gunakan sebagai panduan:

Jenis bahan makanan Berat Zakat Fitrah
Beras 2,5 Kg
Gandum 2,5 Kg
Kurma 2,5 Kg
Kelereng 2,5 Kg

Sumber: Komite Zakat Nasional RI

Namun, perlu Anda ketahui bahwa harga dalam tabel di atas hanya sebagai patokan karena harga bahan makanan pokok dapat berbeda-beda di setiap daerah.

2. Kalkulator Zakat Fitrah 1440 H

Jika Anda kesulitan menghitung berapa zakat fitrah yang harus Anda keluarkan, Anda dapat menggunakan kalkulator zakat fitrah 1440 H yang banyak tersedia di internet. Anda hanya perlu memasukkan jumlah pendapatan Anda, jumlah anggota keluarga, dan jenis bahan makanan pokok yang ingin digunakan sebagai zakat fitrah.

3. Siapa yang Wajib Membayar Zakat Fitrah?

Zakat fitrah wajib dikeluarkan oleh setiap muslim yang mampu, baik oleh diri sendiri atau melalui wali ataupun perwakilan. Hukum zakat fitrah merupakan salah satu dari lima rukun Islam dan termasuk dalam rukun zakat, selain zakat maal. Jamaah biasanya membayar zakat fitrah sebelum shalat Idul Fitri atau paling lambat sebelum matahari terbenam pada malam harinya.

BACA JUGA:   Apa itu Sertifikasi Amil Zakat?

4. Manfaat Zakat Fitrah

Zakat fitrah memiliki manfaat yang sangat besar baik bagi pemberi maupun penerima, di antaranya:

  • Menjaga kestabilan sosial di antara anggota masyarakat.
  • Membersihkan harta dari segala bentuk dosa dan kekurangan.
  • Meningkatkan rasa empati, cinta, dan kasih sayang di antara sesama muslim.
  • Mengurangi angka kemiskinan di masyarakat.
  • Mendukung kegiatan dakwah dan kesejahteraan masyarakat.

5. Kesimpulan

Itulah pembahasan lengkap tentang berapa zakat fitrah 1440 H yang harus dikeluarkan. Semoga artikel ini dapat membantu Anda dalam menghitung zakat fitrah dengan tepat dan juga memahami manfaatnya secara jelas. Jangan lupa untuk selalu memenuhi kewajiban zakat fitrah setiap tahunnya agar selalu dilimpahkan rahmat dan berkah dari Allah SWT.