Skip to content
Home » Berapa Zakat Ternak Kambing?

Berapa Zakat Ternak Kambing?

Zakat merupakan salah satu kewajiban bagi umat Islam yang sudah mampu secara finansial. Salah satu macam zakat yang harus dikeluarkan adalah zakat ternak. Zakat ternak ini nantinya akan disalurkan ke orang-orang yang membutuhkan. Namun, perlu diketahui bahwa tidak semua jenis ternak wajib dizakati. Pada kesempatan ini, kita akan membahas tentang berapa zakat ternak kambing yang harus dikeluarkan.

Harga Satu Ekor Kambing

Sebelum membahas berapa besaran zakat yang harus dikeluarkan, perlu diketahui bahwa harga satu ekor kambing bisa berbeda-beda di setiap daerah. Oleh karena itu, kita harus menyesuaikan besaran zakat dengan harga satuan kambing di daerah kita.

Perbedaan Zakat Ternak Kambing dan Sapi

Sebelum membahas berapa jumlah zakat ternak kambing yang harus dikeluarkan, kita juga perlu mengetahui perbedaan zakat ternak kambing dan sapi. Jika zakat sapi harus dikeluarkan apabila telah mencapai usia dua tahun dan jumlahnya minimal 30 ekor, maka zakat kambing harus dikeluarkan pada saat umurnya mencapai satu tahun dan jumlahnya minimal 40 ekor.

Berapa Besaran Zakat Ternak Kambing?

Setelah mengetahui perbedaan zakat ternak kambing dan sapi serta harga satuan kambing di daerah kita, barulah kita bisa menghitung besaran zakat yang harus dikeluarkan. Besaran zakat ternak kambing adalah 1 ekor kambing dewasa jantan atau betina yang telah mencapai usia satu tahun dan sudah diberikan makanan selama satu tahun penuh. Jika kita memiliki 40 ekor kambing, maka kita harus mengeluarkan zakat sebanyak 1 ekor kambing. Jika jumlah ternak kambing yang kita miliki lebih dari 120 ekor, maka kita harus mengeluarkan zakat sebanyak 3,3% dari jumlah ternak yang dimiliki.

BACA JUGA:   Pengertian Zakat Penghasilan dan Siapa Saja yang Wajib Membayarnya

Kesimpulan

Demikianlah penjelasan tentang berapa zakat ternak kambing yang harus dikeluarkan. Harapannya, dengan adanya penjelasan ini, kita dapat lebih mudah dan jelas dalam mengeluarkan zakat ternak kambing. Bagi umat Islam yang sudah mampu secara finansial, mengeluarkan zakat ternak merupakan sebuah kewajiban yang harus dipenuhi. Tetaplah menjaga keseimbangan dalam menjalankan kewajiban kita sebagai umat Muslim serta menjaga kelestarian lingkungan dengan memelihara ternak dengan baik dan benar. Semoga bermanfaat!