Skip to content
Home » Berhakkah Seorang PNS yang Sedang Cuti Ibadah Haji Mendapat Tunjangan Jabatan?

Berhakkah Seorang PNS yang Sedang Cuti Ibadah Haji Mendapat Tunjangan Jabatan?

Apakah seorang Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang sedang cuti ibadah haji berhak untuk mendapatkan tunjangan jabatan? Ini adalah pertanyaan yang sering ditanyakan oleh banyak orang. Mari kita bahas lebih lanjut tentang hal ini.

Definisi Istilah

Sebelum membahas lebih jauh tentang hak tunjangan jabatan bagi PNS yang sedang cuti ibadah haji, ada baiknya kita mengerti terlebih dahulu definisi dari kedua istilah tersebut.

PNS

Para PNS adalah pegawai yang diangkat oleh negara atau badan hukum milik negara yang bertugas di instansi pemerintah. Mereka diatur oleh UU Nomor 5 tahun 2014 tentang ASN (Aparatur Sipil Negara) yang merupakan klasifikasi pegawai negeri yang bertugas pada lembaga negara.

Cuti Ibadah Haji

Cuti ibadah haji adalah cuti tahunan bagi PNS yang ingin melaksanakan ibadah haji ke Tanah Suci di Mekah, Saudi Arabia. Cuti ini diberikan selama paling lama satu bulan.

Tunjangan Jabatan

Tunjangan jabatan adalah tunjangan yang diberikan bagi PNS yang menduduki jabatan tertentu. Besaran tunjangan ini berbeda-beda tergantung pada golongan dan pangkat PNS.

PNS yang Sedang Cuti Ibadah Haji Berhak Atas Tunjangan Jabatan

Menurut Peraturan Pemerintah Nomor 53 Tahun 2010 tentang Disiplin Pegawai Negeri Sipil, PNS yang sedang cuti ibadah haji berhak atas tunjangan jabatan. Hal ini mengacu pada Pasal 3 ayat 5 yang menyatakan, "Tunjangan jabatan diberikan kepada Pegawai Negeri Sipil yang ditetapkan menduduki jabatan tertentu sesuai dengan peraturan perundang-undangan."

Meskipun demikian, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi agar PNS yang sedang cuti ibadah haji dapat menerima tunjangan jabatan. Pertama, PNS tersebut masih aktif di instansi pemerintah dan tidak sedang dalam proses pemberhentian. Kedua, PNS tersebut harus menduduki jabatan tertentu yang berhak atas tunjangan jabatan.

BACA JUGA:   Tempat Daftar Haji Bekasi

Jadi, bisa kita simpulkan bahwa PNS yang sedang cuti ibadah haji tetap berhak menerima tunjangan jabatan selama memenuhi syarat-syarat yang telah ditetapkan.

Kesimpulan

Mengambil cuti ibadah haji seringkali menjadi momen yang penuh makna bagi para umat Islam, termasuk PNS. Namun, ada banyak pertanyaan dan kekhawatiran yang muncul mengenai hak-hak mereka selama menjalani cuti tersebut.

Dalam hal ini, PNS yang sedang cuti ibadah haji tetap berhak atas tunjangan jabatan selama memenuhi syarat-syarat yang ditetapkan oleh peraturan perundang-undangan. Oleh karena itu, PNS yang sedang cuti ibadah haji tidak perlu khawatir kehilangan hak mereka sebagai Pegawai Negeri Sipil.

Tunjangan jabatan merupakan hak yang harus diberikan kepada PNS yang telah ditetapkan menduduki jabatan tertentu. Oleh karena itu, wajib bagi instansi pemerintah untuk memberikan hak-hak tersebut kepada seluruh PNS tanpa terkecuali.