Skip to content
Home » Berikut Ini Merupakan Sunnah-Sunnah Dalam Ibadah Haji

Berikut Ini Merupakan Sunnah-Sunnah Dalam Ibadah Haji

Seperti yang sudah banyak diketahui, haji merupakan salah satu rukun Islam yang wajib dilakukan oleh umat Muslim yang sudah mampu secara finansial dan fisik. Dalam melakukan ibadah haji, terdapat beberapa sunnah yang harus diikuti oleh para jamaah agar ibadah mereka lebih diterima oleh Allah.

Berikut ini merupakan sunnah-sunnah dalam ibadah haji yaitu:

1. Ihram di Miqat

Sunnah pertama yang harus dilakukan oleh para jamaah haji adalah mengambil ihram di Miqat. Miqat sendiri merupakan tempat yang telah ditetapkan oleh Nabi Muhammad saw. sebagai tempat awal peralihan dari kehidupan duniawi ke kehidupan haji.

2. Mendekatkan Dirinya Kepada Allah

Selama pelaksanaan ibadah haji, jamaah juga diwajibkan untuk memperbaiki hubungan dengan Allah. Caranya yaitu dengan mendekatkan dirinya kepada-Nya melalui berbagai amalan seperti shalat, membaca Al-Qur’an, berdoa, dan berdzikir. Hal ini juga merupakan sunnah dalam ibadah haji.

3. Meningkatkan Kualitas Ibadah

Sebagai ibadah yang memiliki banyak rukun dan syarat, haji juga menyediakan kesempatan bagi para jamaah untuk meningkatkan kualitas ibadah mereka. Hal ini bisa dilakukan dengan mempelajari baik-baik tata cara ibadah haji, memahami makna dan tujuan dari setiap rukun, serta mempersiapkan diri secara mental dan fisik.

4. Menjaga Kesehatan Tubuh

Selain mempersiapkan diri secara mental, jamaah haji juga diwajibkan untuk menjaga kesehatan tubuhnya selama pelaksanaan ibadah. Sebab, haji melibatkan banyak kegiatan fisik seperti berjalan kaki, berlari-lari kecil di antara dua bukit Safa dan Marwa, dan mengunjungi tempat-tempat suci lainnya. Oleh karena itu, jamaah perlu menjaga kesehatan dengan makan makanan yang sehat dan bernutrisi serta beristirahat yang cukup.

BACA JUGA:   Cek Ibadah Haji: Semua yang Perlu Anda Ketahui dan Selalu Siapkan Sebelum Berangkat Haji

5. Menghindari Hal-Hal yang Dilarang

Sebagai ibadah yang sakral, terdapat beberapa hal yang dilarang dalam pelaksanaan ibadah haji. Jamaah harus menghindari hal-hal seperti memotong rambut atau kuku, memakai wewangian, dan berhubungan suami istri selama berada di dalam ihram. Tidak melakukan hal-hal ini juga termasuk ke dalam sunnah dalam ibadah haji.