Skip to content
Home » Berikut ini Yang Bukan Hukum Ibadah Haji Adalah…

Berikut ini Yang Bukan Hukum Ibadah Haji Adalah…

Bulan Dzulhijjah sudah tiba, bulan di mana umat Islam berbondong-bondong untuk melaksanakan ibadah haji. Ibadah ini merupakan salah satu rukun Islam yang wajib bagi mereka yang mampu secara finansial dan fisik untuk melaksanakannya. Namun, sebelum Anda pergi untuk menunaikan ibadah haji, Anda perlu mengetahui apa saja yang tidak termasuk dalam hukum ibadah haji.

Bukan Bagian Dari Hukum Ibadah Haji

  1. Memotong kuku dan rambut
    Menurut para ulama, memotong kuku dan rambut tidak termasuk dalam hukum ibadah haji. Sebaliknya, hal itu adalah bagian dari tata cara personal hygiene dan menjaga penampilan menjelang ibadah haji yang lebih mulia dan suci.

  2. Berdoa di depan Kabah
    Meskipun berdoa di depan Kabah sangat dianjurkan, tetapi itu bukan bagian dari hukum ibadah haji. Namun, hal itu termasuk dalam rangkaian amalan yang dianjurkan ketika melaksanakan ibadah haji.

  3. Melakukan ziarah ke masjid Nabawi
    Walaupun masjid Nabawi merupakan salah satu tempat yang sangat dianjurkan untuk dikunjungi ketika berada di Makkah, tetapi melaksanakan ziarah ke masjid tersebut bukanlah termasuk dalam hukum ibadah haji. Kegiatan ini termasuk dalam tata cara tambahan yang dianjurkan.

  4. Melakukan thawaf di tempat lain selain di Kabah
    Melakukan thawaf selain di Kabah tidak termasuk dalam hukum ibadah haji. Thawaf hanya dianjurkan dilakukan di sekitar Kabah dan tidak dianjurkan dilakukan di tempat lain.

  5. Berburu hewan Hadi (kurban)
    Memburu hewan Hadi (kurban) bukanlah bagian dari hukum ibadah haji. Sebaliknya, hukum ibadah haji hanya menuntut untuk menyembelih hewan kurban setelah tiba di Mina.

Penutup

Itulah beberapa hal yang tidak termasuk dalam hukum ibadah haji. Namun, meskipun hal-hal tersebut tidak termasuk dalam hukum ibadah haji, namun tetap dianjurkan untuk dilakukan sebagai bentuk penghormatan dan ketaatan kepada Allah SWT. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda yang akan melaksanakan ibadah haji. Salam hormat dari kami!

BACA JUGA:   Salah Satu Rangkaian Ibadah Haji Adalah Mengganti Muzdalifah yang Disebut