Skip to content
Home » Berikut yang Bukan Sunnah Ibadah Haji Adalah

Berikut yang Bukan Sunnah Ibadah Haji Adalah

Haji merupakan salah satu ibadah penting bagi umat Islam yang wajib dilakukan sekali seumur hidup bagi yang mampu. Ibadah haji memiliki banyak pelajaran yang bisa dipelajari seperti kesabaran, keikhlasan, serta kebersamaan. Namun, keberhasilan ibadah haji tidak hanya dinilai dari segi penyelenggaraan, tetapi juga pelaksanaannya yang sesuai dengan syariat.

Dalam pelaksanaan ibadah haji, terdapat beberapa amalan yang dianggap sebagai yang paling penting dan ditekankan dalam ajaran Islam. Amalan tersebut dikenal sebagai sunnah haji. Namun, di sisi lain, terdapat pula beberapa hal yang tidak termasuk dalam sunnah haji. Berikut ini adalah hal-hal tersebut.

1. Berlari saat Tawaf Ifadah

Banyak calon jamaah haji beranggapan bahwa berlari saat melaksanakan tawaf ifadah atau tawaf wada’ adalah sunnah. Padahal, sunnah sebenarnya adalah berjalan dengan santai dan tenang, serta sesuai kemampuan. Jika jamaah haji berlari, maka akan menimbulkan kerumunan dan bahaya tersendiri bagi jamaah yang lain.

2. Menumpahkan Darah Hewan untuk Mengusir Jin

Beberapa jamaah haji menganggap bahwa menumpahkan darah hewan hingga jin pergi adalah suatu tindakan yang benar. Padahal, hal tersebut justru bertentangan dengan hukum Islam. Jangan sekali-kali menggunakan agama sebagai pembenaran atas tindakan yang tidak sesuai dengan syariat.

3. Membakar Rambut yang Terpotong

Masih ada sebagian orang yang menganggap bahwa membakar rambut yang terpotong menjadi abu adalah suatu sunnah. Padahal, hal tersebut juga tidak terdapat dalam ajaran Islam. Sebaiknya rambut yang terpotong dibiarkan saja, ataupun jika ingin membuangnya, sebaiknya dibuang pada tempatnya.

BACA JUGA:   Cara Mengecek Daftar Keberangkaran Haji

4. Bersegera Meninggalkan Arafah

Meninggalkan Arafah secepat mungkin dipandang oleh beberapa orang sebagai tindakan yang baik. Padahal, jika dilakukan dalam keadaan macet, dapat membahayakan keselamatan diri dan jamaah lainnya. Sebaiknya meninggalkan Arafah dengan tenang dan tertib, serta menyesuaikan dengan kondisi dan arahan petugas.

5. Mengambil Tanah di Jabal Rahmah

Beberapa orang masih terus melakukan tindakan yang salah dengan mengambil tanah di Jabal Rahmah, padahal hal tersebut bukanlah sunnah. Selain bertentangan dengan syariat, hal tersebut dapat merusak kelestarian alam.

Demikianlah, lima hal yang tidak termasuk dalam sunnah haji yang perlu anda ketahui. Selamat menjalankan ibadah dan semoga Allah SWT senantiasa memberikan hidayah dan rahmat-Nya kepada kita semua.