Skip to content
Home » Berkah Di Tanah Suci: Berapa Lama Idealnya Berumroh Di Mekah?

Berkah Di Tanah Suci: Berapa Lama Idealnya Berumroh Di Mekah?

Berapa hari umroh di Mekah?

Umrah di Mekkah: Berapa Lama Harus Diperlukan?

Ketika melaksanakan ibadah umrah, jamaah akan tinggal di Mekkah selama beberapa hari. Kebanyakan jamaah umrah akan tinggal di Mekkah selama tiga hari. Namun, berapa lama jamaah harus tinggal di Mekkah untuk melaksanakan ibadah umrah?

Umrah adalah ibadah yang dapat diselesaikan dalam waktu singkat . Dalam satu paket umrah yang berlangsung selama 9 hari, jamaah biasanya tinggal di Mekkah selama 3 malam. Pada hari pertama di Mekkah, jamaah umrah akan segera melaksanakan ibadah umrah. Ibadah umrah dapat diselesaikan hanya dalam waktu 3-4 jam, tergantung pada jumlah jamaah yang melaksanakannya.

Bagaimana Jamaah Umrah Melaksanakan Ibadah?

Ketika melaksanakan ibadah umrah, jamaah umrah harus memiliki pakaian tertentu. Jamaah umrah harus memakai pakaian Ihram, yaitu kain putih tanpa sambungan yang berfungsi sebagai pakaian ibadah. Pakaian Ihram ini harus dikenakan sebelum masuk ke daerah haram. Setelah jamaah sudah memasuki daerah haram dan berada di Masjidil Haram, jamaah harus mengucapkan niat umrah.

Niat umrah harus dilakukan dengan serius dan penuh kesungguhan. Setelah itu, jamaah harus melangkah menuju Ka’bah dan melakukan tawaf. Tawaf adalah rotasi sebanyak tujuh kali di sekitar Ka’bah. Setelah tawaf selesai, jamaah umrah harus melakukan sa’i, yaitu berjalan kaki antara Shofa dan Marwa.

Selain tawaf dan sa’i, jamaah umrah juga harus melakukan tahalul. Tahalul adalah melepas pakaian Ihram yang telah dipakai ketika melaksanakan ibadah umrah. Tahalul ini dilakukan setelah jamaah umrah telah selesai melaksanakan tawaf dan sa’i.

Pelaksanaan Ibadah Umrah

Setelah melaksanakan tawaf, sa’i, dan tahalul, jamaah umrah harus melakukan hal lain sebelum pulang. Jika jamaah umrah masih punya waktu, maka jamaah umrah dapat mengunjungi Masjid Nabawi di Madinah. Di sana, jamaah umrah akan melakukan tawaf dan sa’i di sekitar Kubah dan Jamaah Masjid.

BACA JUGA:   Yang Perlu Ditanyakan Saat Daftar Umroh

Selain itu, jamaah umrah juga dapat melakukan ziarah ke Makam Rasulullah SAW dan para sahabatnya. Ziarah ini dapat dilakukan di seluruh masjid di Madinah. Ziarah ke masjid-masjid ini akan menjadi pengalaman yang menyenangkan bagi jamaah umrah.

Setelah melaksanakan ibadah umrah, jamaah umrah harus meninggalkan Mekkah dengan segera. Ibadah umrah hanya bisa diselesaikan dalam waktu 3-4 jam. Namun, jika jamaah memiliki cukup waktu, maka jamaah dapat mengunjungi beberapa tempat lain di Mekkah sebelum kembali ke rumah.

Kesimpulan

Jadi, untuk melaksanakan ibadah umrah, jamaah umrah harus tinggal di Mekkah selama 3 malam. Ibadah umrah ini dapat diselesaikan dalam waktu 3-4 jam. Selain itu, jamaah umrah juga dapat mengunjungi Masjid Nabawi dan Makam Rasulullah SAW di Madinah. Dengan demikian, jamaah umrah bisa menyelesaikan ibadah umrah dalam waktu singkat.