Skip to content
Home » Berkah Ibadah Umroh: Pelajari Doa-Doa Yang Harus Dibaca Saat Melakukan Rukun Dan Wukuf

Berkah Ibadah Umroh: Pelajari Doa-Doa Yang Harus Dibaca Saat Melakukan Rukun Dan Wukuf

Doa apa saja saat umroh?

Doa Apa Saja Saat Umroh?

Umroh adalah salah satu ibadah yang dianjurkan oleh agama Islam. Pelaksanaan ibadah ini didasarkan pada hadits yang diriwayatkan oleh beberapa sahabat Rasulullah SAW. Umroh adalah suatu ibadah yang diwajibkan bagi setiap muslim yang mampu. Ibadah ini dapat dilakukan di mana saja, namun yang paling utama adalah dilakukan di tanah suci Makkah.

Sebelum berangkat ke tanah suci Makkah untuk melakukan ibadah Umroh, seseorang harus mempersiapkan diri dengan mengikuti beberapa langkah-langkah yang dianjurkan oleh agama Islam. Salah satunya adalah mempersiapkan doa-doa yang akan dilakukan saat ibadah Umroh.

Apa itu Doa Umroh?

Doa Umroh adalah doa yang harus dilakukan oleh setiap muslim yang akan melaksanakan ibadah Umroh. Doa ini menjadi bagian penting dalam ibadah Umroh karena doa ini menjadi bentuk pengakuan dan penghormatan seseorang kepada Allah SWT.

Doa Umroh bisa dilakukan di mana saja, namun yang paling utama adalah dilakukan di tanah suci Makkah. Saat berjalan menuju ke Masjidil Haram, disunnahkan membaca kalimat talbiyah. Bacaannya yaitu:
“Labbaik Allahumma labbaik, labbaika laa syariika laka labbaik, innal hamda wan ni’mata laka wal mulk laa syariika laka labbaik.”

Doa-Doa Umroh yang Lainnya

Selain doa talbiyah, ada beberapa doa Umroh lainnya yang perlu diperhatikan. Berikut ini adalah beberapa doa yang bisa dibaca saat melaksanakan ibadah Umroh:

  • Doa Niat Umroh
  • Doa niat Umroh adalah doa yang dibaca saat memulai ibadah Umroh. Doa ini bisa dibaca sebelum memulai ibadah ataupun setelah melakukan thawaf.

    Doa Niat Umroh: “Dengan nama Allah, aku mengucapkan niat untuk melakukan ibadah Umroh. Semoga Allah SWT menerima dan memberikan balasan yang baik atas ibadah Umroh ini”

  • Doa Setelah Thawaf
  • Doa ini dibaca setelah melakukan thawaf di Masjidil Haram. Doa ini berisi permohonan ampunan kepada Allah SWT dan pengakuan bahwa Allah SWT adalah Tuhan yang Maha Pengampun.

    Doa Setelah Thawaf: “Ya Allah, ampunilah kami dan seluruh orang yang melakukan thawaf. Engkau adalah Tuhan yang Maha Pengampun dan Maha Penyayang”

  • Doa Saat Berada di Ka’bah
  • Doa ini dibaca saat berdiri di hadapan Ka’bah. Doa ini berisi permohonan kepada Allah SWT agar diperkenankan menjadi hamba-Nya yang bertaqwa.

    Doa Saat Berada di Ka’bah: “Ya Allah, kabulkanlah permohonan hamba-Mu ini. Jadikanlah aku hamba-Mu yang bertaqwa”

  • Doa Setelah Sai
  • Doa ini dibaca setelah melakukan sai di antara Shafa dan Marwa. Doa ini berisi permohonan kepada Allah SWT agar diperkenankan menyelesaikan ibadah Umroh dengan lancar.

    Doa Setelah Sai: “Ya Allah, mudahkanlah segala urusan dan ibadah yang akan kami lakukan. Berikanlah kami kemudahan untuk menyelesaikan ibadah Umroh ini”

  • Doa Setelah Ihram
  • Doa ini dibaca setelah melakukan ihram. Doa ini berisi permohonan kepada Allah SWT agar diperkenankan menjadi hamba-Nya yang bertaqwa.

    Doa Setelah Ihram: “Ya Allah, jadikanlah aku hamba-Mu yang bertaqwa. Berikanlah kami kemudahan untuk menyelesaikan ibadah Umroh ini”

  • Doa Saat Berangkat Umroh
  • Doa ini dibaca saat berangkat menuju Masjidil Haram. Doa ini berisi permohonan kepada Allah SWT agar diperkenankan melakukan ibadah Umroh dengan ikhlas.

    Doa Saat Berangkat Umroh: “Ya Allah, mudahkanlah perjalanan kami menuju ke tanah suci Makkah. Berikanlah kami kemudahan untuk melaksanakan ibadah Umroh ini dengan ikhlas”

BACA JUGA:   Daftar Perlengkapan yang Dibawa saat Umroh

Doa-doa di atas adalah doa-doa yang dianjurkan untuk dilakukan saat melaksanakan ibadah Umroh. Penting untuk diingat bahwa ibadah Umroh adalah ibadah yang dianjurkan oleh agama Islam. Oleh karena itu, setiap muslim yang akan melaksanakan ibadah Umroh harus mempersiapkan diri dengan membaca doa-doa Umroh yang telah disebutkan di atas.

.