Skip to content
Home » Biaya Ibadah Haji 2018: Panduan lengkap untuk calon jemaah haji

Biaya Ibadah Haji 2018: Panduan lengkap untuk calon jemaah haji

Ibadah haji adalah salah satu rukun Islam yang wajib bagi setiap muslim yang mampu untuk melaksanakannya. Ibadah haji merupakan perjalanan suci yang sangat diidamkan oleh umat Islam di seluruh dunia. Namun, biaya ibadah haji yang semakin mahal terkadang membuat banyak orang berpikir dua kali untuk melaksanakan ibadah yang satu ini.

Maka dari itu, pada artikel ini akan kami bahas secara lengkap biaya ibadah haji 2018. Mulai dari biaya pendaftaran, biaya transportasi, hingga biaya penginapan dan makanan selama di Mekkah dan Madinah.

Biaya Pendaftaran Haji

Biaya pendaftaran haji merupakan biaya awal yang harus dikeluarkan oleh calon jemaah haji. Biaya ini bervariasi tergantung pada jenis jamaah haji, yakni apakah jamaah haji reguler atau jamaah haji khusus. Untuk jamaah haji reguler, biaya pendaftaran berkisar antara Rp.25 juta – Rp.35 juta, sedangkan untuk jamaah haji khusus biaya pendaftaran mencapai Rp.150 juta.

Biaya Transportasi

Setelah melakukan pendaftaran, calon jemaah haji harus mempersiapkan biaya transportasi untuk menuju ke tanah suci. Biaya transportasi ini juga bervariasi tergantung pada jenis penerbangan yang dipilih dan negara asal keberangkatan. Biaya transportasi untuk jamaah haji reguler sekitar Rp.25 juta – Rp.30 juta untuk penerbangan ekonomi, dan sekitar Rp.70 juta – Rp.80 juta untuk penerbangan kelas bisnis.

Biaya Penginapan dan Makanan

Ketika sudah berada di Mekkah dan Madinah, calon jemaah haji juga harus mempersiapkan biaya penginapan dan makanan selama menjalankan ibadah haji. Biaya penginapan dan makanan ini juga bervariasi tergantung pada jenis akomodasi yang dipilih. Jika memilih akomodasi yang lebih murah seperti penginapan yang menjual jasa kamar kos, biaya ini berkisar antara Rp.3 juta – Rp.5 juta. Namun, jika memilih akomodasi yang lebih mewah seperti hotel berbintang, biaya ini bisa mencapai Rp.15 juta – Rp.20 juta.

BACA JUGA:   Daftar Nama Berangkat Haji 2020: Penerimaan Kuota Haji Indonesia Telah Dibuka

Tips Hemat Biaya Ibadah Haji

Saat ini, harga ibadah haji yang semakin mahal bisa membuat banyak orang berpikir dua kali untuk mengambil keputusan untuk berangkat haji. Namun, ada beberapa tips yang bisa dilakukan agar biaya ibadah haji bisa lebih hemat. Pertama, memilih paket ibadah haji yang ditawarkan oleh travel agent yang terpercaya. Kedua, memesan paket ibadah haji sejak jauh-jauh hari sebelum keberangkatan. Hal ini akan membantu untuk mendapatkan harga yang lebih murah dan menghindari kehabisan quota. Ketiga, memilih akomodasi yang lebih murah tetapi tetap nyaman.

Kesimpulan

Biaya ibadah haji 2018 memang cukup mahal, namun hal ini tidak boleh menjadi alasan untuk tidak melaksanakan ibadah haji. Dengan memperhitungkan biaya yang harus dikeluarkan dan mengikuti beberapa tips hemat biaya, calon jemaah haji bisa menjalankan ibadah haji dengan lebih terencana dan tanpa beban. Semoga artikel ini bisa menjadi panduan lengkap dan berguna bagi calon jemaah haji yang ingin menjalankan ibadah yang suci dan mulia ini.