Skip to content
Home » Bisa Atau Tidak? Pahami Syarat Naik Haji Bagi Remaja 17 Tahun

Bisa Atau Tidak? Pahami Syarat Naik Haji Bagi Remaja 17 Tahun

Apakah umur 17 tahun bisa naik haji?

Apakah Umur 17 Tahun Bisa Naik Haji?

Penyelenggaraan ibadah haji adalah kewajiban bagi setiap muslim yang mampu secara fisik dan finansial. Namun, terdapat batasan usia bagi jamaah haji. Menteri Agama Muhammad Maftuh Basyuni menegaskan bahwa batasan usia bagi jamaah haji adalah 17 tahun hingga tak terbatas.

Batasan Usia 17 Tahun untuk Melaksanakan Haji

Menurut Menteri Agama Muhammad Maftuh Basyuni, batasan usia untuk melaksanakan ibadah haji adalah 17 tahun. Ia menegaskan bahwa batasan usia ini adalah karena ibadah haji merupakan kewajiban fisik dan mental bagi setiap umat muslim yang memenuhi syarat. Oleh karena itu, usia 17 tahun dianggap sebagai usia di mana seseorang cukup mampu secara fisik dan mental untuk melaksanakan ibadah haji.

Adapun alasan lain mengapa batasan usia 17 tahun ditetapkan adalah karena jamaah haji perlu menjalani rutinitas ibadah yang cukup menguras tenaga. Di antaranya adalah melaksanakan ibadah tawaf dan sa’i, shalat sunnah dan jum’at, dan membaca doa-doa tertentu.

Selain itu, jamaah haji juga harus mempersiapkan diri dengan baik sebelum melaksanakan ibadah haji, seperti mempersiapkan uang dan peralatan haji yang dibutuhkan, mempelajari syarat-syarat haji, dan mempersiapkan diri secara mental dan spiritual. Hal ini membutuhkan usaha dan komitmen yang cukup tinggi, sehingga batasan usia 17 tahun dipandang sebagai usia yang tepat untuk melaksanakan haji.

Persyaratan Umur 17 Tahun untuk Mengikuti Haji

Untuk dapat mengikuti haji, seseorang harus memenuhi beberapa persyaratan usia. Pertama, seseorang harus berusia minimal 17 tahun pada saat registrasi haji. Kedua, seseorang harus berusia minimal 18 tahun pada saat keberangkatan haji. Ketiga, seseorang harus berusia minimal 20 tahun pada saat melaksanakan haji.

BACA JUGA:   Daftar Haji Jawa Barat

Selain syarat usia, jamaah haji juga harus memenuhi persyaratan lain seperti memiliki paspor yang masih berlaku dan memiliki uang cukup untuk biaya haji serta segala keperluan selama berhaji.

Manfaat Haji Bagi Jamaah Usia 17 Tahun

Berhaji adalah salah satu cara untuk meningkatkan iman dan taqwa dalam diri. Jamaah haji usia 17 tahun dapat memanfaatkan peluang ini untuk meningkatkan ketakwaannya dan memperdalam ilmu dan pemahaman tentang agama Islam.

Selain itu, jamaah usia 17 tahun juga dapat memanfaatkan peluang berhaji untuk mengenal dan meningkatkan toleransi dan kerukunan antar umat beragama. Hal ini dapat dilakukan dengan berinteraksi dengan jamaah haji dari berbagai negara dan latar belakang budaya.

Kesimpulan

Berhaji adalah salah satu ibadah yang diwajibkan bagi setiap muslim yang mampu secara fisik dan finansial. Batasan usia untuk melaksanakan haji adalah 17 tahun hingga tak terbatas. Seseorang harus memenuhi persyaratan usia minimal 17 tahun pada saat registrasi, 18 tahun pada saat keberangkatan, dan 20 tahun pada saat melaksanakan haji.

Usia 17 tahun adalah usia yang tepat untuk melaksanakan ibadah haji. Jamaah haji usia 17 tahun dapat memanfaatkan peluang ini untuk meningkatkan iman dan taqwa, serta meningkatkan toleransi dan kerukunan antar umat beragama. Dengan demikian, haji dapat menjadi pengalaman yang berharga dan mengubah hidup mereka.