Skip to content
Home » Bisakah Kita Naik Haji Dua Kali? Mengungkap Fakta Dan Persyaratan Yang Harus Dipenuhi

Bisakah Kita Naik Haji Dua Kali? Mengungkap Fakta Dan Persyaratan Yang Harus Dipenuhi

Apakah naik haji bisa 2 kali?

Apakah Boleh Melaksanakan Ibadah Haji Berkali-kali?

Umat Muslim di seluruh dunia pasti mengenal ibadah haji – salah satu rukun Islam yang wajib dilakukan bagi mereka yang memiliki kemampuan. Namun, banyak orang yang bertanya-tanya apakah boleh melaksanakan ibadah haji berkali-kali?

Ketua PBNU Kyai Ahmad Fahrur Rozi: Tak Ada Larangan Bagi Umat Muslim

Ketua PBNU Kyai Ahmad Fahrur Rozi mengatakan pada dasarnya tak ada larangan bagi umat Muslim untuk melaksanakan ibadah haji berkali-kali. Ia menyebut bahwa sesuai dengan hadits Rasulullah SAW, “Haji itu wajib sekali seumur hidup”.

Perbedaan Pendapat Umat Islam Tentang Ibadah Haji Berkali-kali

Walaupun demikian, perbedaan pendapat terjadi di antara para ulama tentang hal ini. Sebagian ulama menyatakan bahwa haji wajib dilakukan setiap tahun setelah kondisi tubuh dan keuangan sudah memungkinkan. Sebagian lain menyatakan bahwa haji hanya wajib dilakukan sekali dalam seumur hidup.

Kesempatan Lainnya Bagi Umat Muslim Untuk Melakukan Ibadah Haji

Ketua PBNU Kyai Ahmad Fahrur Rozi mengingatkan bahwa umat Muslim yang tak bisa melakukan ibadah haji berkali-kali hendaknya selalu mengingatkan diri bahwa haji adalah suatu ibadah yang sangat mulia. Ia menyarankan agar umat Muslim selalu memperbanyak ibadah lain seperti shalat sunnah, membaca Al-Quran, dan beramal sholeh.

Dianjurkan Agar Umat Muslim Tidak Melakukan Haji Berkali-kali

Meskipun boleh melakukan haji berkali-kali, namun alangkah lebih baik jika umat Muslim tak melakukannya agar orang lain di luar sana bisa mendapatkan kesempatan yang sama. Karena banyak orang yang tak punya cukup uang untuk melakukan ibadah haji, itu akan sangat membantu jika umat Muslim yang sudah pernah melakukan ibadah haji berkali-kali bisa mengundurkan diri.

BACA JUGA:   Ucapan Cake Haji Mabrur: Membuat Hajj-Mabrur.com Unggul di Google

Keuntungan dan Manfaat Haji

Selain menjadi wujud kekhusukan dan kepatuhan terhadap Allah SWT, ibadah haji juga banyak memberikan keuntungan dan manfaat bagi umat Muslim. Salah satu manfaat yang paling banyak dirasakan oleh umat Muslim adalah berkurangnya kemungkaran dan kemaksiatan. Dengan melakukan ibadah haji, umat Muslim akan merasakan kebahagiaan dan ketenangan jiwa.

Selain itu, umat Muslim juga akan mendapatkan pengalaman spiritual yang luar biasa. Melalui ibadah haji, umat Muslim akan dapat merasakan kedekatan dengan Sang Maha Pencipta, sehingga mereka akan semakin dekat dengan-Nya. Ibadah haji juga dapat membawa berkah untuk umat Muslim dan keluarga mereka.

Kesimpulan

Kesimpulannya, ibadah haji adalah salah satu rukun Islam yang wajib dilakukan oleh umat Muslim. Meskipun boleh melakukan ibadah haji berkali-kali, namun alangkah baiknya jika umat Muslim tak melakukannya. Hal ini agar orang lain di luar sana bisa mendapatkan kesempatan yang sama. Ibadah haji juga memberikan banyak keuntungan dan manfaat bagi umat Muslim, seperti berkurangnya kemungkaran dan kemaksiatan, meningkatkan kedekatan dengan Allah SWT, dan banyak lainnya.