Skip to content
Home » Bukankah Umrah Adalah Tiket Langsung Ke Surga? Eksplorasi Konsep Umrah Dan Pahala Surga

Bukankah Umrah Adalah Tiket Langsung Ke Surga? Eksplorasi Konsep Umrah Dan Pahala Surga

Apakah umroh bisa masuk Surga?

Apakah Umroh Bisa Masuk Surga?

Rasulullah ﷺ bersabda, “Umrah ke umrah lainnya adalah penghapus dosa-dosa di antara keduanya dan haji yang mabrur tidak mempunyai balasan kecuali surga” (Diriwayatkan Al-Bukhari). Hadis ini menjelaskan bahwa hanya haji yang mabrur yang dapat memperoleh surga. Namun, sebelum kita membahas lebih lanjut apakah umroh bisa masuk surga, mari kita mengulik mengenai haji dan umroh.

Haji dan Umroh

Haji dan umroh adalah ibadah yang sangat dianjurkan oleh agama Islam. Haji adalah salah satu dari lima rukun Islam yang wajib dilakukan oleh seorang muslim yang mampu secara fisik dan finansial. Haji merupakan ibadah yang dilakukan pada bulan Dzulhijjah dengan melakukan tawaf di Ka’bah, melaksanakan shalat di Masjidil Haram, berwukuf di Arafah, dan menyembelih hewan korban. Sementara itu, umroh adalah ibadah sunnat yang dilakukan dengan mengunjungi Baitullah, melakukan tawaf, dan berziarah ke makam Rasulullah ﷺ di Madinah.

Umroh Bisa Masuk Surga?

Berdasarkan hadis di atas, hanya haji yang mabrur yang dapat memperoleh surga. Namun, ada beberapa ulama yang berpendapat bahwa umroh juga dapat memperoleh surga. Imam Bukhari dan Imam Muslim meriwayatkan sebuah hadis dari Abu Hurairah ra yang menyatakan bahwa Rasulullah ﷺ bersabda: “Sesungguhnya umrah dengan umrah itu menghapus dosa-dosa yang telah lalu, dan haji yang mabrur tidak ada balasannya melainkan surga.”

Ada beberapa versi hadith yang mengatakan bahwa umrah yang diikuti dengan haji yang mabrur juga akan mendapatkan surga. Hal ini terutama berlaku bagi orang-orang yang tidak mampu untuk melakukan haji. Dengan demikian, meskipun umroh tidak secara langsung dapat membawa seseorang ke surga, namun dengan melakukan umroh dan haji yang mabrur, seseorang dapat memperoleh pahala yang cukup untuk memperoleh surga.

BACA JUGA:   Klarifikasi Tentang Visa Dalam Pelaksanaan Ibadah Umroh

Kesimpulan

Kesimpulan dari hadis-hadis tersebut adalah bahwa hanya haji yang mabrur yang dapat memperoleh surga. Meskipun demikian, umroh juga dapat membawa seseorang ke surga dengan diikuti oleh haji yang mabrur. Oleh karena itu, umroh bisa masuk surga jika dilakukan dengan haji yang mabrur. Dengan melakukan ibadah haji dan umroh, kita dapat memperoleh pahala yang cukup untuk memasuki surga.