Skip to content
Home » Cara Cek Daftar Pemberangkatan Haji

Cara Cek Daftar Pemberangkatan Haji

Haji merupakan salah satu rukun Islam yang wajib bagi umat muslim yang mampu untuk melaksanakannya. Bagi mereka yang memenuhi syarat, menjalankan ibadah haji menjadi impian yang harus diwujudkan.

Namun, sebelum berangkat ke Tanah Suci, peserta harus terlebih dahulu melakukan pendaftaran dan verifikasi terhadap data pribadi dan dokumen yang diperlukan oleh pihak Kementerian Agama. Bagi umat muslim yang ingin mengecek daftar pemberangkatan haji, berikut adalah cara yang dapat dilakukan.

Mengunjungi Website Resmi Kementerian Agama

Salah satu cara paling mudah untuk mengetahui daftar pemberangkatan haji adalah dengan mengunjungi website resmi Kementerian Agama. Pada halaman utama website tersebut, terdapat beberapa menu yang dapat dipilih, salah satunya adalah “Pendaftaran Haji”. Kemudian pada sub-menu tersebut, pilih “Status Pendaftaran Haji”.

Selanjutnya, pengunjung akan diminta untuk memasukkan nomor porsi dan tahun pendaftaran. Data tersebut harus sesuai dengan data yang telah didaftarkan oleh calon jamaah haji pada saat melakukan pendaftaran. Setelah memasukkan data yang diminta, akan muncul halaman yang menampilkan status pendaftaran haji, termasuk daftar pemberangkatan.

Melalui SMS

Bagi yang tidak memiliki akses internet atau tidak bisa mengakses website Kementerian Agama, dapat juga mengetahui daftar pemberangkatan haji melalui SMS. Caranya cukup mudah, cukup kirimkan pesan dengan format sebagai berikut: HAJI#NOMOR PORSI#TAHUN PENDAFTARAN ke nomor 99386.

Setelah pengiriman pesan tersebut berhasil, pengunjung akan menerima balasan berupa SMS yang berisi data mengenai status pendaftaran haji dan daftar pemberangkatan.

Menghubungi Call Center Kementerian Agama

Bagi yang kesulitan mengakses website atau tidak memiliki akses internet atau punya kendala dalam mengirimkan pesan SMS, dapat menghubungi call center Kementerian Agama. Nomor call center yang dapat dihubungi dapat ditemukan pada website resmi Kementerian Agama atau dapat dilihat pada buku panduan yang disediakan oleh pihak travel haji.

BACA JUGA:   Jelaskan Pengertian dan Hukum Ibadah Haji

Setelah menghubungi call center tersebut, pengunjung akan diminta untuk memberikan nomor porsi dan tahun pendaftaran. Petugas call center akan membantu untuk mengecek dan memberikan informasi mengenai status pendaftaran haji dan daftar pemberangkatan.

Kesimpulan

Itulah beberapa cara untuk mengetahui daftar pemberangkatan haji. Melakukan pendaftaran jamaah haji memang bukanlah hal yang mudah, namun dengan tiga cara di atas, pengunjung dapat mengetahui status pendaftaran haji dan daftar pemberangkatan dengan mudah dan cepat.

Jangan sampai melewatkan kesempatan untuk menjalankan ibadah haji, karena kesempatan tersebut tidak datang dua kali. Semoga artikel ini bermanfaat bagi yang membutuhkan.