Skip to content
Home » Cara Daftar Haji 2017: Semua yang Perlu Anda Ketahui!

Cara Daftar Haji 2017: Semua yang Perlu Anda Ketahui!

Beribadah dan melaksanakan haji tentu menjadi keinginan setiap muslim di seluruh dunia. Setiap tahunnya, selalu ada ribuan jamaah haji dari Indonesia yang berangkat menuju Tanah Suci untuk menunaikan rukun Islam kelima ini. Tidak heran, banyak orang yang sudah menabung bertahun-tahun untuk bisa melaksanakan ibadah haji ini.

Bagi Anda yang ingin mendaftar haji, tentu harus mempersiapkan diri dengan baik. Salah satu persiapan yang sangat penting dilakukan adalah mendaftar haji. Meskipun proses daftar haji terlihat rumit, namun jika Anda tahu cara daftar haji 2017, maka seluruh proses akan berjalan dengan mudah.

Persyaratan Pendaftaran Haji 2017

Sebelum melakukan pendaftaran haji, terdapat beberapa persyaratan yang harus dipenuhi. Beberapa persyaratan tersebut adalah:

1. Usia

Usia minimal peserta haji adalah 18 tahun dan maksimal 75 tahun. Sementara itu, peserta haji dari kategori lanjut usia (di atas 70 tahun) wajib melampirkan surat keterangan sehat dari dokter.

2. KTP

Peserta haji harus memiliki KTP (Kartu Tanda Penduduk) dan KK (Kartu Keluarga).

3. Paspor

Paspor harus masih berlaku minimal 8 bulan pada saat keberangkatan.

4. Visa

Visa masuk Arab Saudi sudah diterbitkan oleh pihak KJRI/KBRI.

5. Surat keterangan sehat

Surat keterangan sehat bisa dibuat di Rumah Sakit Pemerintah atau Rumah Sakit yang ditunjuk oleh Kementerian Kesehatan.

6. Surat Izin kerja

Jika peserta haji masih bekerja, maka dibutuhkan surat izin kerja dari tempat bekerja.

BACA JUGA:   Bank Rekomendasi Daftar Haji Regular

Cara Daftar Haji 2017

Setelah memenuhi persyaratan di atas, maka Anda sudah bisa mulai proses cara daftar haji 2017. Cara daftar haji memiliki beberapa tahap, di antaranya:

1. Pengisian Formulir Pendaftaran

Untuk mendapatkan formulir pendaftaran, peserta bisa mengunduh secara online di situs resmi Kementerian Agama RI atau menyambangi Kantor Kementerian Agama.

2. Seleksi Dokumen

Setelah formulir diisi lengkap, maka peserta harus menyerahkan formulir beserta dokumen pendukung ke Kantor Kementerian Agama terdekat. Dokumen akan diseleksi oleh petugas dan jika ada kesalahan atau ketidaklengkapan, maka esok harinya Anda harus membuat perbaikan sesuai catatan yang diberikan.

3. Verifikasi

Jika dokumen peserta sudah diterima dan dinyatakan lengkap, maka selanjutnya dokumen akan diverifikasi oleh pihak Kantor Kementerian Agama. Proses verifikasi membutuhkan waktu sekitar satu minggu.

4. Pembayaran

Setelah dokumen diverifikasi, maka peserta akan diberikan nomor porsi haji. Nomor tersebut digunakan saat melakukan pembayaran biaya haji atau setoran awal. Setelah pembayaran awal diterima oleh pihak Kantor Kementerian Agama, peserta akan mendapatkan kartu identitas porsi haji.

5. Keberangkatan

Setelah seluruh tahap proses daftar haji selesai, maka peserta tinggal menunggu tanggal keberangkatan yang sudah ditetapkan oleh pihak Kantor Kementerian Agama.

Kesimpulan

Mendaftar haji memang membutuhkan kesabaran dan ketelitian dalam mengisi formulir dan menyiapkan dokumen. Namun, setelah mendaftar haji, Anda akan merasa tenang dan sejuk hati karena telah melakukan persiapan dan berdoa untuk menuju ke Tanah Suci. Pastikan Anda mengikuti prosedur dan ketentuan yang sudah dijelaskan dalam cara daftar haji 2017. Semoga Anda bisa menjadi salah satu dari ribuan umat muslim yang dapat melaksanakan ibadah haji dengan lancar dan khusyuk.

BACA JUGA:   Salah Satu Hikmah Melaksanakan Ibadah Haji Adalah Kita Dapat...